Connect with us

Olahraga

Badminton Asian Mixed Team Championships 2023 – Indonesia Susah Payah Taklukkan Thailand 3-2 untuk jadi Juara Grup C

Avatar

Diterbitkan

pada

Ganda campuran Rinov Rivaldy/Phita Hagniningtyas Mentari penentu kemenangan atas Thailand. (Foto: PBSI)

FAKTUAL-INDONESIA: Ganda campuran Rinov Rivaldy/Phita Hagniningtyas Mentari memastikan Indonesia sebagai Grup C Kejuaraan Asia Bulu Tangkis Beregu Campuran (BAMTC) 2023 setelah memenangi laga penentu di Dubai Exhibition Centre, Dubai, Uni Emirat Arab, Kamis (16/2/2023) malam.

Rinov/Phita menang meyakinkan atas Pakkapon Teeraratsakul/Phataimas Muenwong pada pertandingan kelima atau penentu dengan skor 21-18, 21-19.

“Dari awal, kami tidak memikirkan soal hasil akhir. Kami hanya fokus bagaimana bermain maksimal dan ternyata bisa menang dan menyumbangkan kemenangan bagi Indonesia,” kata Rinov dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Kunci kemenangan kali ini, lanjut Rinov, adalah menerapkan strategi menekan lebih dulu yang membuat lawan tak bisa mengembangkan permainan.

Phita juga mengungkapkan melakoni laga penentu bukan perkara mudah. Dia sempat tegang sebelum akhirnya mampu membawa Indonesia meraih kemenangan atas Thailand dengan skor 3-2.

Advertisement

“Saat bermain, saya sebenarnya ada tegangnya juga. Tetapi setelah itu, saya coba menikmati permainan saja. Akhirnya, malah bisa main enak dan bisa menang,” kata Pitha.

Pertandingan Indonesia melawan Thailand berlangsung sengit. Skuad Merah Putih sempat tertingal lebih dulu 0 – 2 setelah dua wakil di sektor tunggal kalah dari pemain Negeri Gajah Putih.

Tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting kalah dari Sitthikom Thammasin dengan skor 9-21, 12-21. Lalu Gregoria Mariska Tunjung juga gagal menyumbang poin usai kalah dari tunggal putri Thailand Busanan Ongbamrungphan 18-21, 15-21.

“Terus terang, saya kurang puas dengan permainan hari ini. Saya merasa sedih karena tidak bisa menyumbangkan angka. Sebagai pemain pertama yang turun bermain, saya belum berhasil mendapatkan angka,” aku Anthony. ”

Sedih karena saya belum bisa meraih poin kemenangan bagi Indonesia. Dalam laga tadi, saya benar-benar tidak bisa main. Memang saya sempat turun bermain di pertandingan sebelumnya, tetapi memang lawannya tidak bisa dibandingkan dengan Sitthikom yang saya hadapi sekarang.

Advertisement

Lawan yang saya hadapi kali ini berbeda dengan pemain yang sebelumnya. Kali ini lawan juga memiliki kualitas yang jauh lebih baik dibanding lawan saya sebelumnya,”tambahnya.

Indonesia mampu bangkit dan memperkecil ketertinggalan melalui ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang turun pada partai ketiga. Mereka sukses mengalahkan Pharanyu Kaosamaang/Worrapol Thongsa-Nga dengan skor 21-13, 19-21, 21-16.

Kemenangan tersebut turut memotivasi ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang turun pada partai keempat. Mereka sukses menyamakan kedudukan menjadi 2-2 setelah mengalahkan Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard dengan skor 18-21, 21-16 dan 21-14.

Dengan kemenangan Rinov/Pihta, Indonesia pun memastikan diri menjadi juara Grup C dengan mengoleksi delapan poin hasil dari empat pertandingan.

“Tentu senang dan bersyukur bisa main baik dan menang. Dari awal, kami tidak memikirkan soal hasil akhir. Kami hanya fokus bagaimana bermain maksimal dan ternyata bisa menang dan menyumbangkan kemenangan bagi Indonesia. Tadi kunci kemenangannya, adalah kami mengandalkan strategi bermain lebih menekan lebih dulu,” kata Rinov. “Dari awal, kami lebih menyerang dan membuat lawan kurang bisa berkembang permainannya,” tambahnya.

Advertisement

“Syukur alhamdulillah saya dan Rinov bisa main baik. Tadi nggak berpikir akan menang atau bagaimana. Ternyata, kami bisa memastikan Indonesia jadi juara grup,” aku Pitha. Tadi saat bermain, saya sebenarnya ada tegangnya juga. Tetapi setelah itu, saya coba menikmati permainan saja. Akhirnya, malah bisa main enak dan bisa menang,” sambungnya.

Sementara Thailand di urutan kedua dengan enam poin. Lalu Bahrain di tempat ketiga dengan empat poin dan Suriah dengan dua poin di urutan keempat. Lebanon menjadi juru kunci karena gagal meraih satu poin pun.

Indonesia dan Thailand pun berhak melaju ke perempatfinal sebagai perwakilan dari Grup C. ****

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement