Connect with us

Olahraga

Australia Terbuka 2023: Rinov/Pitha Terhenti di Perempatfinal

Avatar

Diterbitkan

pada

Ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. (Foto: PBSI)

FAKTUAL-INDONESIA: Pasangan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari terhenti di babak perempatfinal turnamen bulutangkis Sathio Group Australia Terbuka 2023. Wakil Indonesia itu takluk di tangan Cheng Xing/Chen Fang Hui asal China.

Pada pertandingan babak perempatfinal turnamen berhadiah total 420 ribu dolar AS yang digelar di Quay Centre, Sydney Olympic Park, Sydney, Jumat (4/8/2023), pasangan yang akrab dipanggil Rinov/Tari ini harus melupakan kesempatan merebut tiket ke babak empat besar. Mereka dikalahkan Cheng/Chen dengan skor 16-21, 16-21 dalam durasi 37 menit.

“Alhamdulillah bisa menyelesaikan pertandingan dan tanpa cedera. Cuma, dari awal lawan sudah terus menekan. Selain itu lawan juga bermain nothing to lose. Kami jadi tertekan dan serba salah. Sudah terus berpikir mencari bagaimana caranya, hasilnya tetap tak memuaskan,” kata Rinov.

“Tegang pasti ada. Cuma dalam pertandingan tadi saya nggak berani mengubah pola. Seharusnya saya bisa lebih berinisiatif untuk mencoba balik serang. Dampaknya selalu tertekan terus,” tutur Tari, sapaan karib Pitha.

Menurut Rinov, dalam pertandingan perempatfinal kejuaraan level super 500 itu, lawan lagi bermain begitu nyaman. Memukul apa saja, bisa masuk semua. Namun pada gim kedua saat ketinggalan 6-16, wakil Merah-Putih ini sebenarnya bisa tampil lebih baik hingga mengejar 13-16.

Advertisement

“Ini bukan hasil dan permainan terbaik yang kita maui. Dari awal memang kami selalu tertekan. Di gim kedua, sebenarnya kami sudah menemukan cara, tetapi sudah tertinggal jauh angkanya. Dari tertinggal 6-16, bisa mengejar sampai 13-16. Sayang setelah itu, lepas lagi,” ujar Rinov.

“Tadi, meski ketinggalan kami tetap terus berusaha. Pasti ada celah yang bisa ditembus. Cuma memang skornya sudah terlalu jauh,” sebut Tari.

Ditambahkan oleh Rinov, sebagai pasangan pelapis China, Cheng/Chen sebenarnya juga sudah bermain di tataran atas. “Dari segi lawan, mereka juga pasangan yang ramai saat melawan pemain level atas lainnya,” kata Rinov.

“Permainan depan saya tadi selalu didahului Chen. Bola naik dikit, selalu bisa diserobot. Ini membuat saya jadi kurang percaya diri bermain depan,” ucap Tari.

“Setelah dari Australia ini, kami akan latihan lagi dan persiapan lagi ke Kejuaraan Dunia di Denmark nanti. Kita benahi segala kekurangannya. Semoga hasilnya nanti lebih baik,” harap Rinov. ****

Advertisement

Lanjutkan Membaca
Advertisement