Connect with us

Olahraga

Asian Para Games 2022 Hangzhou: Tiba di Hangzhou, Semangat Kontingen Indonesia Berlipat Ganda

Avatar

Diterbitkan

pada

Kontingen Indonesia untuk Asian Para Games Hangzhou 2022 tiba di bandara internasional Hangzhou Xiaoshan, Hangzhou, China, Senin (16/10/2023). (Foto: NPC INDONESIA)

FAKTUAL-INDONESIA: Kontingen Indonesia yang akan berlaga di Asian Para Games (AiPG) 2022 telah tiba di Bandara Internasional Xiaoshan Hangzhou, China pada Senin (16/10/2023), pukul 17.57 waktu setempat. Penerbangan sempat mengalami keterlambatan lantaran perubahan rute pesawat dari Surakarta menuju Hangzhou, China.

Setelah menempuh penerbangan selama tujuh jam, kontingen Indonesia tiba di Bandara Xiaoshan dan langsung disambut oleh volunteer. Kehangatan penyambutan itu sedikit menghilangkan kelelahan dan kembali membuat semangat perjuangan atlet kian membara.

Kontingen Indonesia yang berjumlah 266 orang itu kemudian menuju tempat penginapan atlet dan hotel.

Perwakilan CdM Kontingen Indonesia, Prihatin mengatakan setelah tiba di Hangzhou dan beristirahat, selanjutnya atlet akan menjalani latihan dan pemeriksaan kesehatan selama lima hari ke depan. Prihatin memastikan atlet dalam kondisi prima dan siap tampil dengan performa maksimal.

“Semua atlet dalam keadaan sehat. Rencananya cabor para-bulu tangkis akan mengikuti uji coba melawan pemain Jepang. Untuk pemeriksaan kesehatan akan dilakukan oleh tim klasifikasi,” ucap Prihatin.

Advertisement

Kontingen Merah-Putih juga akan beradaptasi dengan cuaca di Hangzhou. Pasalnya selama melakukan latihan di Solo, cuaca cukup panas di atas 30 derajat celcius. Sementara di Hangzhou kini suhu udara lebih dingin di kisaran 26-28 derajat celcius.

“Tentunya atlet harus menyesuaikan diri dengan cuaca di sini karena adanya perbedaan suhu yang cukup besar. Cuaca di Solo panas, sedangkan cuaca di sini lebih dingin. Jadi mereka harus menyesuaikan demi kesehatan mereka juga. Tapi semua atlet kami pastikan dalam kondisi prima,” tandas Prihatin.

Tiba di Hangzhou semakin membangkitkan gairah atlet untuk merasakan atmosfer pertandingan. Lifter para-angkat berat, Ni Nengah Widiasih mengaku sudah tidak sabar untuk segera berlaga dalam pesta olahraga bagi penyandang disabilitas terbesar di benua Asia ini.

“Kita sudah berada di Hangzhou, apa yang sudah kita lakukan di Pelatnas selama setahun terakhir, kini saatnya bagi kita untuk terapkan dalam pertandingan nanti. Semoga saya bisa memberikan yang terbaik bagi Indonesia,” tandas Widi, sapaan Ni Nengah Widiasih.

Dalam AiPG 2022, Widi akan turun di angkat berat putri nomor di atas 45kg yang akan bertanding pada 24 Oktober mendatang. Widi meminta dukungan doa dari masyarkat Indonesia supaya bisa menyumbangkan medali.

Advertisement

“Saya mohon doa restu dari masyarakat Indonesia, semoga Merah-Putih kembali saya kibarkan di sini,” harap Widi.

Asian Para Games Hangzhou 2022 berlangsung pada 22-28 Oktober 2023. Dari 22 cabang olahraga yang dipertandingkan/diperlombakan, Kontingen Indonesia akan mengikuti 12 cabor diantaranya para-bulu tangkis, para-renang, para-catur, para-balap sepeda, boccia, para-panahan, para-menembak, lawn ball, para-angkat berat, blind judo, para-tenis meja dan para-atletik.

Dengan kekuatan 130 atlet, kontingen Indonesia ditargetkan masuk peringkat sepuluh besar daftar perolehan medali dengan meraih 19 emas, 23 perak dan 25 perunggu. ****

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement