Connect with us

Olahraga

Asian Para Games 2022 Hangzhou: Para-Bulu Tangkis Indonesia Latihan Perdana di Binjiang Gymnasium

Avatar

Diterbitkan

pada

para-bulu tangkis Indonesia berkesempatan untuk menjajal lapangan. (Foto:NPC)

FAKTUAL-INDONESIA: Memasuki hari kedua di Hangzhou, China, timnas para-bulu tangkis Indonesia berkesempatan untuk menjajal lapangan bulu tangkis. Meski latihan perdana tidak diadakan di lapangan yang akan dipakai untuk pertandingan, namun atlet para-bulu tangkis tetap puas dengan lapangan latihan hari ini.

Para-bulu tangkis Asian Para Games (AiPG) 2022 akan digelar di Binjiang Gymnasium, Hangzhou. Latihan hari ini, para-bulu tangkis Indonesia mendapat jatah latihan di lapangan latihan atau lapangan pemanasan yang juga berada di Binjiang Gymnasium.

Walaupun belum merasakan latihan di venue pertandingan, namun pelatih para-bulu tangkis Indonesia, Muhammad Nurachman merasa cukup puas dengan kondisi lapangan latihan.

“Saya kira tempat latihan sudah sangat bagus. Kita bersyukur telah mendapat lapangan latihan bagus. Namun, tiga hari menjelang pertandingan, kami dijadwalkan untuk berlatih di lapangan pertandingan,” kata Muhammad Nurachman.

“Sambil menunggu jatah latihan di lapangan pertandingan, kami melakukan pemulihan fisik dan latihan ringan di lapangan. Latihan di venue pertandingan sangat penting bagi pemain untuk mengantisipasi arah angin dan bentuk lapangan yang sangat dibutuhkan pemain,”tambah pria yang disapa Nur itu.

Advertisement

Selain latihan, salah satu fokus lain dari pelatih para-bulu tangkis yakni menjaga kebugaran dan kesehatan pemain.

“Atlet juga harus menjaga kesehatan supaya tidak ada yang sakit ataupun cedera karena udara di sini lumayan dingin. Karena kita mengalami perbedaan cuaca yang sangat signifikan antara Solo dengan Hangzhou,” papar Nur

Meski latihan di lapangan pemanasan namun permukaan lapangan yang dipakai untuk latihan dan lapangan pertandingan tidak berbeda. Manajer Para-bulu tangkis Indonesia, Sapta Kunta Purnama melihat kondisi lapangan di Hangzhou hampir sama dengan lapangan saat Paralimpiade Tokyo 2020.

“Untuk kondisi lapangan di Hangzhou ini, saya melihat hampir sama bagusnya dengan lapangan pertandingan di Paralimpiade Tokyo lalu,”jelas Kunto, sapaan Sapta Kunta Purnama.

Sementara untuk persiapan atlet, saya rasa atlet kita telah cukup berpengalaman untuk menghadapi event besar. Mereka siap tempur untuk menyumbang medali emas bagi Indonesia,”tambah Kunto.

Advertisement

Para-bulu tangkis akan dimainkan pada 20-27 Oktober 2023. Dengan kekuatan 18 atlet, para-bulutangkis Indonesia ditargetkan meraih empat medali emas, dua medali perak dan empat medali perunggu. ****

Lanjutkan Membaca
Advertisement