Connect with us

Olahraga

Asian Para Games 2022 Hangzhou: Harapan Besar Boccia Bawa Pulang Medali Pertama

Avatar

Diterbitkan

pada

Muhammad Afrizal Syafa (kiri) dalam sesi latihan cabang olahraga Boccia Asian Para Games Hangzhou 2022 di Hangzhou Gymnasium, Hangzhou, Tiongkok, Kamis (19/10/2023). (Foto: NPC INDONESIA)

FAKTUAL-INDONESIA: Tim boccia Indonesia menantikan medali pertama untuk direbut dalam Asian Para Games (AiPG) Hangzhou 2023. Keikuatsertaan boccia dalam pesta olah raga disabilitas kalo ini, merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya tampil di Asian Para Games 2018.

Sayangnya pada AiPG 2018, kontingen boccia Indonesia belum bisa mempersembahkan medali. Kini harapan membawa pulang medali dari AiPG muncul dalam ajang tahun ini.

Lima atlet boccia Indonesia siap untuk bertanding mengharumkan Merah Putih. Dalam AiPG Hangzhou 2022, tim boccia ditarget membawa pulang satu medali perunggu.

“Kalau dari pemerintah tidak menargetkan karena ini Asian Para Games kedua kalinya boccia ikut bertanding. Pada tahun 2018, boccia mampu meraih medali. Semoga tahun ini bisa dapat medali,,” kata pelatih boccia Indonesia Islahuzzaman Nur Yadin.
“Memang kita targetkan mungkin perunggu, tapi nanti mudah-mudahan ada yang bisa nanti semifinal,” lanjut Islah, sapaan Islahuzzaman Nur Yadin.

Harapan membawa pulang medali pertama itu muncul setelah melihat perkembangan tim boccia Indonesia melalui hasil try out yang telah dilakukan selama ini.
“Kami bisa menargetkan itu karena melihat dari kekuatan lawan termasuk untuk paralimpiade. Lawan yang akan kami hadapi akan selalu sama. Musuh terberat dari Thailand,” ungkap Islah.

Advertisement

Tim pelatih boccia telah menyiapkan program latihan untuk mematangkan teknik dan taktik atlet.
“Kalau mulai hari ini, sudah latihan teknik, dan taktik, teknik itu, atletnya di tim itu nanti model seperti ini, bolanya kalau pendek itu sudah kita latihan taktik. Kalau bolanya nanti nembak seperti ini, seperti di satu dua itu nanti harus begini-harus begini, sudah mulai,” terang Islah.

Tim boccia Indonesia akan mengikuti perlombaan individual BC1 dan BC2 putra, individual BC1 dan BC2 putri, serta team BC1/BC2.
“Tapi insya Allah lah mudah-mudahan doa kami, doa dari masyarakat indonesia juga, lima atlet itu bisa pulang bawa medali semua,” pungkas Islah. ****

Lanjutkan Membaca
Advertisement