Connect with us

Olahraga

Amman BNI M25K Seri II: Tundukkan Maximus Jones, Rifqi Fitriadi Raih Tiket Perempatfinal

Avatar

Diterbitkan

pada

Ganda putra Indonesia Christhoper Rungkat /Nathan Barki berhasil ke semifinal.(ist)

FAKTUAL-INDONESIA: Para pemain dan pecinta tenis di Indonesia mendapatkan kado indah pada peringatan hari Kemerdekaan bangsa Indonesia yang ke 78 tahun, diajang turnamen Amman BNI M25K seri kedua yang digelar di lapangan tenis hotel Sultan Jakarta.

Torehan kemenangan yang di persembahkan M. Rifqi Fitriadi di nomor tunggal putra serta kemenangan di sektor ganda melalui Christhoper Rungkat/Nathan Barki, menjadi sebuah kebahagian tersendiri bagi penonton, yang berhasil di persembahkan oleh para petenis petenis Indonesia ini.

Kemenangan ini di awali lewat nomor tunggal, dimana petenis Indonesia Muhamad Rifqi Fitriadi membuka asa nya untuk menggapai gelar juaranya, mulai mendekati kenyataan setelah berhasil merebut tiket babak perempat final turnamen Amman BNI M25K seri kedua.

Menghadapi wakil Thailand Maximus Jones, satu-satunya wakil tunggal Indonesia diajang M25K seri kedua ini, di set pertama sempat mendapat perlawan sengit dengan permainan agresifnya yang di kembangkan oleh lawannya dimana hingga 8 game berlangsung, terjadi skor imbang 4-4.

Berkat kejelian dan kecerdikkannya, Rifqi yang kini berusia 24 tahun mampu memanfaatkan momentum di game ke 9 dengan membreak servis lawan untuk unggul 5-4, dan sekaligus menutupnya dengan skor 6-4.

Advertisement

Memasuki set kedua, dengan motivasi yang kuat berkat keberhasilan kemenangan di set awal, pemilik peringkat 716 ATP ini langsung tancap gas untuk unggul terlebih dulu 4-2. Meskipun petenis negri gajah putih ini berupaya mengejarnya, namun perolehan poin dari Rifqi Fitriadi tak terkejar dan memenanginya kembali set pamungkasnya 6-4 dalam tempo 1.39 menit, untuk melaju ke babak 8 besar, Amman BNI M25K Seri Kedua.

Dalam penuturannya Rifqi mengatakan performanya yang terus meningkat di seri kedua ini tidaklah lepas dari peran pelatih dan juga tim medisnya, yang selalu mengevaluasi tiap kali selesai bertanding serta membahas pola permainan untuk pertandingan berikutnya.

Selanjutnya di babak 8 besar nanti, andalan tunggal putra Indonesia ini akan berhadapan dengan Khumoyun Sultanov. Petenis putra asal Uzbhekistan yang diunggulkan di posisi ke 5 M25K World tennis tour ini, berhasil memastikan diri maju ke perempat final berkat kemenangan dua set langsung 6-4 dan 6-4 dari Yurii Dzhavakian dalam tempo 1 jam 46 menit.

Di pertandingan lainnya unggulan pertama Leo Borg juga sukses meraih tiket ke babak perempat finalnya berkat keunggulan 6-4 dan 6-1 atas wakil Australia Moerani Bouzige. Selanjutnya unggulan pertama peringkat 398 ATP ini akan di tantang wakil dari India, Dev D.S. Prajwal yang sukses menghentikan Kokoro Isomura 6-3 dan 7-6 tiebreak 5.

Sementara itu juara seri pertama Amman BNI M25K, Arthur Weber secara mengejutkan gagal menapakkan langkahnya ke 8 besar, setelah ditumbangkan petenis asal Jepang Sora Fukuda. Melalui pertarungan rubber set pemain asal Perancis yang merupakan unggulan kedua ini dipaksa mengakui ketangguhan Fukuda yang akhirnya sukses memenangi pertandingan dengan skor 3-6, 6-2 dan 6-3 dengan lama pertandingan yang memakan waktu 2 jam 31 menit.

Advertisement

Sementara itu dua tiket perempat final tunggal putra lainnya berhasil dimiliki oleh Blake Mott dari Australia serta Yuta Kawahashi dari Jepang. Dengan perjuangan ektra keras Blake Mott menang rubbet set 6-3, 3-6 dan 7-6 tiebreak 6 atas Jea Moon Lee dari Korea Selatan, sedangkan Yuta Kawahashi memenangi laga dengan dua set langsung 6-3 6-1 dari wakil Korea Selatan Seon Yong Han.

Christopher /Nathan ke Semifinal

Kemenangan kedua yang ditorehkan Christopher Rungkat/Nathan Barki pada ajang Amman BNI M25K Seri Pertama, mengantarkan ganda putra Indonesia ini memastikan tiket kebabak Semifinalnya.

Pada laga keduanya Christo dan Nathan yang menjadi unggulan pertama dan sekaligus juara bertahan, ditantang pasangan Yutha Khawasi/Jeamon Lee, hanya butuh dua set saja untuk memenangkan pertandingan.

Mengawali laga dengan Christo/ Nathan yang tengah fokus akan tampil diajang kejuaraan tenis beregu putra Piala Davis, bermain penuh determinasi yang membawa mereka unggul 6-3 di set awal dalam tempo 28 menit.

Advertisement

Meski penampilan nyaris menurun akibat darah yang tiba-tiba mengucur dari hidungnya dan sempat mendapat perawatan medis, Nathan terus berusaha menggedor lewat servis dan forhand kerasnya serta didukung penampatan bola yang sulit dari Christo memaksa Yutha Khawasi/Jeamon Lee, akhirnya menuntaskan laga tersebut 6-4.

Di depan wartawan dan penonton yang menyaksikan secara langsung, Christo dan Nathan mengungkapkan kegembiraan sekaligus rasa syukurnya bahwa kemenangan penting yang diraih saat seluruh bangsa Indonesia memperingati hari kemerdekaannya yang ke 78, kian memotivasi untuk dapat mempertahankan gelarnya.

Selanjutnya di laga semifinal Christhoper Rungkat/Nathan Barki akan ditantang, Markos Kalovelonis/Khumoyun Sultanov yang mematahkan perlawanan Seon Yong Han/Kokora Isomura dengan dua set langsung 6-3 dan 7-5

Sayangnya David Agung Susanto dan Anthony Susanto gagal menyamai prestasi Christo dan Nathan di sektor ganda putra. Bertemu Sora Fukuda/Siddhant Bhantia gagal dilengkapi dengan kemenangan oleh pasangan kakak beradik Indonesia, meski telah berjuang dengan motivasi tinggi dihari kemerdekaan bangsa Indonesia yang ke 78. Kekalahan 5-7 dan 4-6 dari pasangan India dan Jepang Sora Fukuda/Siddhant Bhantia dalam tempo sejam 10 menit yang dialami David Agung Susanto dan Anthony Susanto menghapus ambisi ganda putra tuan rumah ini untuk maju ke babak 4 besar.

Sementara itu satu tiket di semifinal lainnya menjadi milik Palaphoom Kovapitukted/Manish Sureshkumar usai menumbangkan unggulan kedua Pruchya Isaro/Maximus Jones 6-2 dan 7-6 tiebreak 0 dalam laga yang berdurasi 1 jam 26 menit.****

Advertisement

Lanjutkan Membaca
Advertisement