Connect with us

Olahraga

AFF Cup 2022 -Rapor Jeblok Shin Tae-yong Kontra Thailand, Peluang Egy dan Witan Cs Tipis Bisa Atasi Thailand

Avatar

Diterbitkan

pada

Timna Indonesia di AFF Cup 2022. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA: Catatan pertemuan atau rapor jeblok Shin Tae-yong atas Thailand menjadikan peluang tipis Egy Maulana Vikri – Witan Sumailam Cs untuk bisa mengatasi tim Gajah Putih tersebut pada lanjutan laga Grup A ajang AFF Cup 2022, Kamis (29/12/2022) pada pukul 16.30 WIB, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta.

Berdasar catatan di semua kompetisi, baik U-19n U-23 dan level senior, Tae-yong nyaris tak berkutik jika harus menghadapi Thailand. Pelatih Korsel tersebut hanya mampu menahan imbang Thailand sebanyak dua kali di level senior, selebihnya di U-19 dan U-23 Tae-yong selalu kalah jika berhadapan lawan Thailand. Rekor jeblok tersebut menjadikan tipis peluang Egy-Witan Cs menghadapi laga ‘penentuan’ kontra Thailand untuk menjadi penguasa Grup A di AFF Cup 2022.

Sedikit keuntungan karena bermain di depan publik sendiri, akan bisa dijadikan tambahan semangat jika ingin memetik kemenangan atas Thailand. Juga tambahan moril dengan dua kemenangan sebelumnya menang telak atas Brunei dengan skor 7-0 dan unggul tipis 2-1 dari Komboja di pertandingan pertama.

Tae-yong tetap fokus dari satu pertandingan ke pertandingan, termasuk tim yang selalu membuat dirinya kalah Thailand di laga ketiga Grup A. “Setiap pertandingan saya mempersiapkan mental pemain seperti final,” ucap Tae-yong.

Tae-yong akan mengandalkan beberapa pemain kunci, seperti Eggy, Witan dan Ilija Spasojevic. Spasojevic, striker klub Bali United ini sempat jadi sorotan sang pelatih karena penampilannya dianggap kurang memuaskan ketika Timnas Indonesia menaklukkan Kamboja 2-1 pada laga perdana.

Advertisement

Kinerja Spasojevic di atas lapangan dianggap kurang efektif. Pada pertandingan kontra Kamboja, Spasojevic mengawali permainan dari bangku cadangan.Dia masuk pada menit ke-46 untuk menggantikan Muhammad Rafli yang ditarik keluar.

Namun Tae-yong masih yakin bahwa pemain naturalisasi yang akrab disapa Spaso dapat berbenah diri. Pelatih Korsel itu juga mendapatkan suntikan kekuatan dengan sejumlah pemain naturalisasi lainnya yang telah membuktikan diri tampil apik ketika mencukur Brunei 7-0.

Hanya saja, tim tamu Thailand juga tak kalah mentereng mereka selalu memiliki semangat berlipat jika menghadapi Indonesia di SUGBK. Ada penilaian, Thailand boleh kalah lawan tim lainnya asal jangan sampai kalah melawan Indonesia. ****

Advertisement
Lanjutkan Membaca