Home Olahraga Wimpy S Tjetjep Ketum PB Gabsi Yang Pemain Bridge Handal

Wimpy S Tjetjep Ketum PB Gabsi Yang Pemain Bridge Handal

oleh Gungdewan

Oleh : Bert Toar Polii

Wimpy S Tjetjep termasuk pemain bridge handal dan membina klub bridge sendiri Geologi Bridge Club seta rajin ikut turnamen bridge

Wimpy S Tjetjep termasuk pemain bridge handal dan membina klub bridge sendiri Geologi Bridge Club seta rajin ikut turnamen bridge

 

FAKTUAL-INDONESIA: Sampai saat ini sejak berdiri di Surabaya tanggal 12 Desember 1953, PB Gabsi telah dipimpin oleh 16 Ketua Umum.

Di awal sampai dengan tahun 1982, Ketum PB Gabsi umumnya bisa bermain bridge seperti Letjend TNI Kemal Idris, Prof. Dr. Sunawar Sukowati, Mayjen TNI Wisnnu Djajengminardo dan Amran Zamzami SE.

Tapi selanjutnya hampir tidak ada lagi kecuali Ir. Wimpy S Tjetjep dan Dr. dr. Eka Wahyu Kasih, S.Pd., S.E., M.M., S.H., M.H., M.Pd.

Hanya saja Wimpy S Tjetjep termasuk pemain bridge handal dan membina klub bridge sendiri Geologi Bridge Club seta rajin ikut turnamen bridge.         

Penulis sempat merasakan kehandalan beliau ketika kami bermain satu tim atas nama Geologi PTBA di Piala Gubernur Kepri II 2006

Tim yang dikomandaninya dengan para pemain  Noldy George, Bert Toar Polii, Memed Hendrawan, Maruf Jusuf dan non playing captain, Felix Tua Sumendap, sukses menjadi juara.

Kemenangan ini membuat Geologi PTBA berhasil mempertahankan piala tersebut, dengan membabat ketujuh tim saingannya tanpa terkalahkan di final. Dua tim dari luar negeri, yaitu Willwise International dan gabungan Singapura/Malaysia juga ikut mewarnai ajang ini. Indonesia menampilkan 6 regu di final, yaitu Geologi PTBA, Arangan Brigde Club (Jakarta), Tomohon II (Sulut), Kepri, Lampung dan Tanjung Pinang. Willwise International yang diperkuat Phobe Lin dan Violet Liu (pemain nasional Taiwan), Stanislav Nedkov (Bulgaria), serta Albert Shiao (China), tampil sebagai runner up. Posisi berikutnya di tempati tuan rumah Kepri yang diperkuat Rusliden Hutagol, Robert Sianipar, Yesmet Yulian, Herry Prianov, Agus M dan Zulfikri.

Salah satu kepiawaian Wimpy S Tjetjep diperlihatkan ketika timnya menghadapi regu tuan rumah;

  1. S J 6 4 2

B/US   H Q 10 5 2

D 6 2

C 8 6 4

S Q 10 8 5       S A 3

H K 8 7 4        H J 9 6 3

D —    D A Q 8 7 4

C Q J 9 7 3      C A K

S K 9 7

H A

D K J 10 9 5 3

C 10 5 2

Open Room

Barat   Utara   Timur   Selatan

Memed H        Rusliden H      Bert P  Robert S

Pass     Pass     1C(1)   1D

Dbl      //

Closed  Room

Barat   Utara   Timur   Selatan

Herry P            Noldy G          Zulfikri            Wimpy S T

Pass     Pass     1C(1)   1D

2C       Pass     2D       Pass

2H       Pass     2NT     Pass

3NT     //

(1) Strong Club

Di Open Room, Memed walaupun pegang 8 HCP memilih melakukan Take-Out Double bukan jawaban positif 2C seperti yang dipilih Zulfikri di Closed Room. Akibatnya, Bert Polii memilih melakukan Penalty Double.

Terhadap kontrak 1DX, Memed memilih lead CQ yang diambil dengan CA bukan CK untuk menunjukkan pegang doubleton,  kemudian beralih serang H3 yang diambil dengan HA oleh declarer. Declarer memilih menyerahkan Club ke Memed di mana Bert buang S3.

Memed beralih serang S5 yang dimenangkan dengan SA oleh Bert. Bert kembali serang Heart yang diruff oleh declarer. Declarer kemudian main DJ yang diambil dengan DQ oleh Bert dan setelah berpikir cukup lama, Bert mengamankan kontrak mati 2 dengan serang D8.

Declarer menang dengan D9 lanjutkan main DK yang dibiarkan menang oleh Bert untuk mengamankan kontrak mati 2. Selanjutnya declarer tidak ada jalan lain main diamond, Bert akan ambil 2 trik diamond dan exit dengan heart. Declarer main SK, ruff dengan D8 oleh Bert, ambil DA kemudian exit dengan heart dan declarer harus menyerahkan 1 trik spade lagi buat Memed.

Di Closed Room, Wimpy memilih lead S7 di mana declarer main S8 dan Noldy secara cerdik main S2 bukan SJ. Declarer yang menghadapi problem entry terpaksa ambil dengan SA dengan harapan memanfaatkan SQ10 sebagai entry untuk memainkan Club. menang SA declarer ambil SAK kemudian main S3 dan Wimpy dengan tenang tanpa bergeming main S9.

Declarer yang dari awal sudah salah membaca posisi spade main S10 dan datanglah malapetaka ketika Noldy menang SJ kemudian beralih serang D6. Declarer tidak ada jalan lain main D8 dan dimenangkan Wimpy dengan D9. Selanjutnya Wimpy setelah mengambil waktu berpikir sebentar menyimpulkan kontrak 3NT hanya akan mati jika Noldy pegang HQ.

Berdasarkan perhitungan tersebut ia ambil HA, SK kemudian “placing ke dummy” dengan C10 dan kontrak tidak bisa diselamatkan. Suatu kerjasama yang apik dan menghasilkan 12 lmp buat Geologi PTBA.

Semoga Wimpy S Tjetjep diberikan kesembuhan karena saat ini sedang sakit. ***

  • Bert Toar Polii – pemain nasional bridge yang mendapat Satya Lencana olahraga dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) merangkap pelatih, jurnalis dan di PB Gabsi sebagai Ketua Bidang Humas.

= = = = = = = = =

‘HUBUNGI KAMI’

Apakah Anda tertarik  dengan informasi yang diangkat dalam tulisan ini? Atau Anda memiliki informasi atau ide soal politik, ekonomi, hukum dan lainnya? Bagikan pengalaman dan pendapat Anda dengan mengirim email ke aagwared@gmail.com

Harap sertakan foto dan nomor kontak Anda untuk konfirmasi. ***

= = = = = = = = =