Connect with us

Olahraga

Tugas Berat Menanti Ketua Umum PB Gabsi Terpilih Kongres Solo November 2022

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Penandatangan kontrak The 46th World Bridge Team Championships di Morrocco

Penandatangan kontrak The 46th World Bridge Team Championships di Morrocco

Oleh : Bert Toar Polii

FAKTUALI-INDONESIA: Pandemi covid-19 telah merubah banyak hal termasuk kalender turnamen bridge dari World Bridge Federation.

Setelah tanpa kegiatan kejuaraan dunia bridge dua tahun di tahun 2020 dan 2021 akhirnya World Bridge Federation memutuskan merubah kalender kejuaraan dunia bridge sejak tahun 2022.

The World Bridge Team yang biasanya digelar di tahun ganjil tetap dipertahankan karena dianggap kejuaraan paling bergengsi. Untuk jadwal tahun 2021 dipindahkan ke tahun 2022 dan sudah berlangsung di Salsomaggiore, Italia pada tanggal 27 Maret – 9 April 2022.

Berbeda dengan The World Youth Team Championships yang seharusnya diselenggarakan pada tahun 2020 ditunda penyelenggaraannya pada tahun 2023.

Akibatnya Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (Gabsi) yang akan memilih Ketua Umum pada Kongres Gabsi di Solo nanti akhir Nopember 2022 akan memberikan tugas dan tanggung jawab yang cukup berat kepada Ketua Umum dan PB terpilih nanti.

Advertisement

Kenapa berat? Karena pada tahun 2023 akan diselenggarakan  the World Bridge Teams Championship yang mempertandingkan  Open, Women’s, Senior dan  Mixed Teams plus Transnational Open Teams.

Event ini akan digelar di The Palais des Congrès  di Marrakech, Morocco, pada tanggal 20 August – 2 September 2023.

Agar bisa ikut event ini, semua tim harus lolos dari seleksi Zone VI Asia Pacific Bridge Federation (APBF) yang biasanya diselenggarakan pada periode Mei-Juli 2023.

Hal yang sama juga berlaku untuk  the World Youth Teams Championship yang mempertandingkan Teams Championships U31; The Ortiz Patino U26 Open; The Gianarrigo Rona U26 Women, The José Damiani U21 dan  the Koç University U16).

Event ini biasa digelar akhir Juli atau awal Agustus. Namun sampai saat ini belum ditentukan tempat dan tanggal penyelenggaraan.

Advertisement

Untuk bisa ikut ini berlaku hal yang sama harus lolos Seleksi dari Zone VI APBF yang mungkin akan diselenggarakan bersamaan dengan seleksi Open, Woman, Mixed dan Senior Team.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, PB Gabsi terpilih harus segera bekerja untuk melakukan seleksi dan membentuk 9 tim dalam waktu yang singkat yaitu Januari-Mei 2023. Ini sudah termasuk untuk pelatnas dan mungkin kalau ada agenda uji coba.

Usai ini pekerjaan belum tuntas karena juga harus menyiapkan tim mengikuti The 19th Asian Games 2022 di Hangzhou yang dijadwal diselenggarakan pada tanggal 23 September – 8 Oktober 2023. ***

•           Bert Toar Polii – pemain nasional bridge yang mendapat Satya Lencana olahraga dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) merangkap pelatih, jurnalis dan di PB Gabsi sebagai Ketua Bidang Humas

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement