Connect with us

Olahraga

Liga Bridge Senior Online Ternyata Semarak

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Oleh : Bert Toar Polii

FAKTUAL-INDONESIA: Ada fenomena menarik ketika tukang bridge mencoba membuat WAG Senior Bridge Indonesia di WA bersama Ketua Mampang Bridge Community Didi Andries.

Ternyata diluar dugaan ada banyak pemain bridge yang sudah masuk kategori senior di Indonesia. Melihat kenyataan ini ikut mendukung kegiatan ini mantan Ketum PB Gabsi Miranda S Goeltom dan Ketua Ganesha Bridge Club Abah Tonny Sastramihardja.

Padahal ketika beberapa tahun yang lalu saat bersama Djarum Bridge Club kami coba mendata pemain bridge senior yang aktif ternyata sedikit sekali.

Memang waktu itu kami hanya mendata pemain yang aktif mengikuti pertandingan bridge secara tatap muka atau istilah kerennya F2F (Face to Face).

Advertisement

Memang berbeda antara  kegiatan pertandingan bridge tatap muka dengan pertandingan bridge secara online.

Pertandingan bridge tatap muka biasanya yang sering diadakan di Jakarta dan beberapa kota besar lainnya sehingga sangat terbatas pemain bridge senior yang mampu mengikutinya.

Sebab selain biaya juga dibutuhkan waktu untuk bisa mengikutinya.

Nah kebanyakan penggemar bridge yang sudah pensiunan ini lebih memilih tinggal di rumah menjaga cucu atau kegiatan lainnya daripada pergih jauh dari kotanya untuk menikmati hobinya.

Kendala ini tentu saja tidak ada ketika tukang bridge menggagas pertandingan Liga Bridge Senior Online.

Advertisement

Semua pemain bisa bertanding darimana saja. Bisa dari rumah sambil digangguin cucu atau sambil ngopi dan berbagai kegiatan sampingan lainnya. Malah bisa juga dilakukan sambil tiduran.

Selain itu kemudahan lainnya adalah jadwal tanding tidak ditentukan oleh panitia pelaksana. Kepada peserta yang saat ini ada 17 tim diberikan kebebasan waktu untuk menentukan kapan waktu tandingnya,

Peserta hanya diberikan waktu 3 bulan untuk menyelesaikan seluruh 16 session pertandingan.

Awalnya perubahan yang tukang bridge lakukan ini sulit diterima oleh beberapa pemain yang hanya terpaku dengan kebiasaan saat mengikuti pertandingan.

Ya memang berbeda karena saat pertandingan F2F biasanya diadakan pada weekend, semua sudah terjadwal siapa lawan siapa dan kapan bertandingnya.

Advertisement

Namun setelah dijelaskan secara perlahan, sistim ini keuntungannya kemungkinan kalah WO sangat kecil. Karena ketika sudah janjian waktu dan ada yang berhalangan bisa di jadwal ulang.

Waktu bertandingpun bebas ditentukan, tapi melihat trend yang selama ini dilakukan dan sudah melewati hampir 50 pertandingan dari rencana 136 pertandingan umumnya memilih bertanding di malam hari sekitar pukul 19.00 – 20.15 mulainya untuk memberikan kesempatan menunaikan sholat Isya untuk pemain yang memeluk agama Islam.

Jadi melihat trend ini dimana pertandingan dimulai 15 Januari 2023 dan belum sebulan sudah lebih dari sepertiga yang dimainkan rasanya waktu 3 bulan sangat cukup untuk menyelesaikan babak penyisihan.

Karena model sistim pertandingan seperti ini maka memang sulit untuk menentukan peringkat. Sebab bisa saja peringkat atas adalah regu yang telah memainkan lebih banyak pertandingan.

Tapi nantinya akan terlihat hasil yang benar setelah semua regu menyelesaikan seluruh pertandingan.

Advertisement

Hasil sementara bisa dilihat di platform Bridge Pocket dan disini :   http://shorturl.at/bfuFK

Hasil sementara menurut Bridge Pocket, Garuda Plus dengan para pemain Harsudi Supandi, Denny Sacul, M Apin Nurhalim, Belly Rumengan dan Bert Toar Polii sebagai PC sementara memimpin dengan 103.69 VP hasil dari 7 kali bertanding.

Tempat kedua Medan United dengan para pemain Irkham Hadi, Fadtjery, Khairuddin, Osmar G Sinaga, Amrizal Yusuf dan Johni Tua Sibuea sebagai NPC dengan skor 92,59 VP dari 9 kali bertanding.

Di tempat ketiga Boboca dengan para pemain Spengky Bagi, Marthen Sompotan, Max Tompodung, Robert Lempoy, Amri Rusli dan Richard Montong sebagai PC yang mengumpulkan 91.94 VP dari

8 kali bertanding.

Advertisement

Sistim dan jadwal pertandingan :

Babak penyisihan bermain Round Robbin 1 session @ 16 papan.

Pemenang 1-6 melaju ke babak KO.

Untuk babak penyisihan tidak ada jadwal tetap, Kapten tim merencanakan jadwal bersama lawan-lawannya. Yang penting babak penyisihan harus selesai pada tanggal 15 April  2023.

Selanjutnya akan dibuat time table dan tuan rumah yang akan membuat TM di BBO.

Advertisement

Untuk setting dibuat kibitz off, barometer off dan undo off.

Pertandingan diberi judul Liga Bridge Senior Online.

Babak Knockout akan diadakan sesudah babak penyisihan. Peserta babak knock out adalah peringkat 1-6  babak penyisihan.

Pada babak KO pertama  peringkat 1 dan 2 dibebaskan tidak bermain. Peringkat 3  memilih lawan peringkat 5 atau 6 dan peringkat 4 melawan regu yang tidak terpilih. Babak KO pertama  memainkan 2 session @16 board. Waktu pertandingan tanggal 16 –  24 April  2023.

Babak KO kedua adalah juara babak penyisihan memilih lawannya, ini sudah ditentukan sebelum pertandingan KO pertama. Jadi juara babak penyisihan memilih segmen yang akan menjadi lawannya di babak KO kedua. . Babak KO kedua  memainkan 3 session @16 board. Waktu pertandingan tanggal 25 April –  8 Mei  2023. ***

Advertisement

Lanjutkan Membaca
Advertisement