Connect with us

Olahraga

Finesse Yang Tidak Normal

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Oleh : Bert Toar Polii

FAKTUAL INDONESIA: Saat ini dengan kemajuan teknologi banyak membantu para penggemar bridge terutama yang tinggal di daerah dimana penggemar bridgenya sedikit.
Saya ingat ketika mulai belajar bridge sekitar akhir tahun 1970 di kampung saya Tondano untuk mengumpulkan 4 orang saja sulitnya setengah mati.

Belum lagi mencari literatur yang menulis tentang olahraga ini, seperti mencari jarum ditumpukan Jerami. Kalaupun ada lebih banyak yang berbahasa Inggeris sehingga butuh kamus atau teman yang pintar untuk menterjemahkan.

Sekarang hal ini bukan menjadi masalah lagi. Kekurangan lawan main tinggal daftar di platform Bridge Base Online (BBO) atau yang sejenis maka lawan langsung tersedia dan siap 24 jam sehari. Selain kemudahan didapat juga gratis alias tidak perlu bayar hanya butuh pulsa.

Advertisement

Literatur bridge sekarang tersedia dimana-mana dan bisa didapat dengan mudah. Masalah Bahasa juga teratasi karena ada “paman google” yang siap membantu menterjemahkan untuk kita.

Tulisan saya yang menggunakan Bahasa Indonesia bisa diterjemahkan dengan mudah dan dimuat di page World Bridge Federation-Youth. Padahal saya tahu persis yang menterjemahkan tidak bisa berbahasa Indonesia.

Neapolitan Club dari Italia juga membagi tulisan saya ber Bahasa Indonesia di lamannya dan masih banyak lainnya.

Melihat aktifitas para penggemar bridge sejak pandemic covid-19 saya yakin setelah ini lewat akan banyak muncul muka baru di berbagai turnamen bridge yang mungkin prestasi mereka bisa mengejutkan.
Salah satu papan menarik saya temui di Facebook yang dibagikan oleh Bridge Daily Bulletins.

Utara
S A106
H J965432
D AJ
C 2

Advertisement

Selatan
S KQ5
H void
D K4
C AKQ107543

Kontrak 7C dan barat lead HQ dimana anda sebagai declarer ruff kemudian main CA dan kabar buruk disampaikan timur dengan buang diamond.

Nah untuk bikin anda perlu 4 entry ke dummy untuk menciptakan trump cup. Satu-satunya jalan adalah melakukan finesse atau tema potong yang tidak normal S ke 10 dan D ke J.

Tapi kemudian ada yang nyeletuk itu kalau pemain barat tidur. Ya betul karena kalau ketika declarer main D ia langsung taruh DQ atau S langsung taruh SJ maka buyarlah semua harapannya. ***

Advertisement
Lanjutkan Membaca