Connect with us

Olahraga

Draw di Final Million Gold Cup Taiwan, Hadiah Dibagi Dua

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Oleh : Bert Toar Polii

FAKTUAL-INDONESIA: Tukang bridge mendapat kiriman tulisan dari atlet putri bridge asal Taiwan, Ho Yee So yang bermain untuk tim mixed Taiwan yang menjadi saingan tim mixed Indonesia selama dua tahun terakhir ini.

Ia sekarang menjadi bridge professional dan rajin menulis di blognya :

https://qriousbridge.blogspot.com/2023/04/blog-post.html

Ia menceriterakan pengalaman timnya ikut pertandingan Million Gold Cup yang diadakan pada tanggal 15/16 dan 22/23 April 2023.

Advertisement

Menurutnya selama ia mengikuti turnamen bridge, event ini merupakan salah satu event dengan kategori tertinggi dalam hal peserta yang diundang serta total hadiah yang disediakan.  Hadiahnya memang besar apalagi untuk ukuran kita di Indonesia. Sebab untuk juara pertama saja meraih 500.000 Taiwan dollar atau sekitar Rp. 243 juta.

Selain itu oleh Mr. Chen Yeh sebagai sponsor mengundang semua peserta untuk makan malam yang mewah di Okura Prestige Hotel di Taipeh.

Ini memang kebiasaan Mr Yeh dan kebetulan tukang bridge sudah merasakannya tiga kali ketika diundang bertanding di Kaoshiung.

Selain hal diatas tukang bridge melihat ada ide menarik dalam hal jadwal pertandingan dan sistim pertandingan.

Mr. Yeh mengundang 16 tim plus dua tim seeded, yaitu tuan rumah dan Mega Giant Team. Kedua tim terakhir langsung berlaga pada babak kedua jadi mereka tidak mengikuti babak kualifikasi.

Advertisement

16 tim bertanding di babak kualifikasi pada tanggal 15/16 April 2023. Mereka bermain sistim Swiss 10 session selama dua hari.

Karena sudah ada dua tim seeded maka yang diambil dari babak penyisihan hanya 6 tim.

Karena itu He Yee So menulis, “everyone is familiar with legend of 8th, but you have never heard the legend of 6th”.

Ia sendiri bersama tim Taiwan Mixed yang akan mewakili Taiwan di 53rd Asia Pacific Bridge Federation Championship di Hongkong tanggal 9-17 Juni 2023 setelah berjuang setengah mati akhirnya lolos sebagai peringkat keenam.

Selanjutnya ada kejutan lagi tentang sistim pertandingan di babak quarter final yang diikuti 8 tim. Padahal sesuai jadwal minggu pertama hanya ada 10 session.

Advertisement

Menyiasati ini maka kedua tim seeded ini tidak bertemu dibabak kuarter final sehingga hanya ada 6 session setengah kompetisi.

Peringkat 1-4 lolos ke babak semi final dimainkan secara knock-out 2 segmen masing-masing @12 board.

Taiwan Mixed ini memang lagi dinaungi keberuntungan, tinggal 1 session babak quarter final dan berhadapan dengan peringkat 1 serta butuh sekitar kurang lebih 17 VP. Sepertinya hampir mustahil kata Ho Yee Se apalagi papan pertama mereka kena -500 di papan yang tidak ada apa-apanya. Beruntung mereka menang dari dua board slam dan satu board di double bikin sehingga lolos ke semi final karena menang 16.97 VP.

Di Semi final mereka menang lagi dan harus berhadapan dengan Tim Seeded Mega Giant di final. Lucunya tim Mega Giant yang diperkuat pemain kawakan Taiwan Patrick Huang berpasangan dengan suaminya Eric.

Di babak final setelah memainkan 24 papan terjadi skor draw yang tidak disangka-sangka. Kebetulan dalam peraturan pertandingan juga tidak tercantum. Kedua tim kemudian sepakat untuk berbagi hadiah sehingga tidak ada lagi pertarungan untuk memperebutkan selisih hadiah antara nomor 1 dan 2 sebesar US$ 8.000.

Advertisement

Untuk menentukan pemenang ditambah 1 board sudden-death dan tim Mixed Taiwan kalah 1 imp.

Juara : Mega Giant, Patrick Huang, Yang Hung-Yu, Kuo Li-Hsiang, Huang Cheng-Jui, Lin Po-Yi, Chen Li-Jen. Tim ini akan mewakili Open Team Taiwan di Hongkong kecuali Yang Hun Yu akan digantikan oleh Walter Chen.

Price : 500.000 Taiwan Dollar

Runner Up : Taiwan Mixed, 王Kang-Wei Fan,Po-Ya Tsai, 40760797 Tzu Lin WU,Ho-Yee So, Ming Chien LIU, Kuan-Hsuan CHEN, Tim ini akan mewakili Taiwan di Hongkong untuk nomor mixed team.

Price : 250.000 Taiwan Dollar. ***

Advertisement

Lanjutkan Membaca