Connect with us

Olahraga

Djarum Bridge Club Dominasi Timnas Bridge 2023

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Oleh : Bert Toar Polii

FAKTUAL-INDONESIA: Setelah meloloskan Djarum Senior untuk mewakili Indonesia di 53rd Asia Pacific Bridge Federation Championships yang akan berlangsung di Hongkong pada tanggal 9-17 Juni 2023 untuk nomor senior team, kemarin menyusul tim open dari Djarum Bridge Club memastikan diri mewakili Indonesia setelah mengalahkan ACR Bridge Club di final seleksi nasional untuk menentukan tim open Indonesia.

PB Gabsi masa bakti 2023-2026 memilih cara berbeda dalam pembentukan tim nasional menghadapi 53rd  Asia Pacific Bridge Federation Championships di Hongkong dan 24th Asia Pacific Bridge Federation Youth di Ning Bo, China.

Untuk menghadapai dua event yang diselenggarakan oleh APBF pada bulan Mei dan Juni 2023, pembentukan tim nasional Open dan Senior serta U31 Open, U26 Open, U26 Girls, U26 Mixed, U21 Open dan U16 Open ditawarkan kepada perorangan atau sponsor, klub, Gabungan dan Pengprov Gabsi untuk mengirimkan tim secara mandiri.

Jika ada beberapa tim yang berminat maka PB Gabsi akan mengadakan seleksi atau memilih tim terbaik untuk dikirim.

Advertisement

Sementara untuk juara 4th Asia Cup di nomor putri dan mixed akan dikirimkan oleh PB Gabsi.

Melihat komposisi tim putri dan mixed yang menjadi juara di 4th Asia Cup yang kemungkinan besar akan menjadi andalan nanti di Hongkong maka judul tulisan ini menjadi sangat tepat.

Karena di putri ada pasangan Rury Andhani/Conny E Sumampouw juga anggota Djarum Bridge Club sedangkan di nomor mixed ada Kristina Wahyu Murniati. Di nomor putri juga ada Fera Damayanti/Riantini yang juga mantan anggota Djarum Bridge Club.

Sepertinya juga terlihat ada kemungkinan besar Djarum Bridge Club juga akan mengirimkan untuk kategori Girls U26 karena mereka punya dua pasangan kuat di kategori ini.

Kembali ke seleksi nasional open team. Ada tiga tim yang mendaftar untuk ikut seleksi, yaitu Hotmix Palu, ACR Bridge Club dan Djarum Bridge Club.

Advertisement

Setelah babak penyisihan, Hotmix Palu gugur sehingga ACR Bridge Club dan Djarum Bridge Club berlaga di final.

Setelah melalui pertarungan yang sangat ketat dan menegangkan di 6 segmen babak final akhirnya Djarum Bridge Club keluar sebagai juara dan berhak mewakili Indonesia di Hongkong.

Tim Djarum Bridge Club terdiri dari Paulus Sugandi, Jemmy Bojoh, Stefanus Supeno, Lesly Gontha, Agus Kustrijanto, Anthony Soebroto mengawali kemenangan pada segmen pertama final dengan 47-9 imp. Kemenangan cukup besar di segmen awal ini menjadi modal besar buat Djarum Bridge Club mengalahkan ACR Bridge Club yang diperkuat oleh Kelik Irwantono, Very Pangkerego, Syahrial Ali, Franky Karwur, Noldy Ngantung, Franky Karwur dan Mukhiban Darmabakti.

Selanjutnya di segmen 2 ACR membalas dengan 44-20 imp sehingga pertarungan kembali menjadi seru.

Segmen 3 kembali ACR mengejar dengan menang 37-32 imp.

Advertisement

Namun di segmen 4 Djarum membalas dengan kemenangan  49-39 imp.

ACR menang di segmen 5 namun hanya 30-29 imp sehingga menjelang segmen terakhir Djarum masih unggul 10 imp.

Segmen terakhir ditutup dengan kemenangan Djarum 37-34 imp sehingga mereka unggul tipis 13 imp.

Seleksi diadakan pada tanggal 8-12 Maret 2023 di Sekretariat PB Gabsi yang baru Jl. Dua Sembilan No. 9B, Rawa Domba, Jakarta Timur.

Sayangnya memang pertarungan seru diatas tidak bisa disaksikan oleh para penggemar bridge karena tidak disiarkan melalui vugraph seperti biasanya.

Advertisement

Nomor yang dipertandingkan di Hongkong adalah :

  1. Rebullida Cup  Open  Team
  2. President’s Cup  Ladies  Team
  3. Patrick Choy  Cup  Mixed  Team
  4. Michael Bambang  Hartono  Cup  Senior  Team
  5. APBF Open  Pairs  Qualifying
  6. APBF Open  Pairs  Finals. ***

Lanjutkan Membaca