Connect with us

Olahraga

Defense Tingkat Dewa Pemain Bridge Putri Italia

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Oleh : Bert Toar Polii

FAKTUAL-INDONESIA: Defense dalam permainan bridge sering kali melibatkan taktik yang kompleks dan memerlukan pemahaman yang kuat tentang permainan ini.

Salah satu teknik defense yang biasa dilakukan seorang pemain kelas atas adalah teknik ducking atau menunda memenangkan trik pada kesempatan pertama.

Hal ini sering membuat declarer salah membaca letak kartu sehingga kontrak yang mudah malah berakhir tragis dengan down.

Mark Horton seorang jurnalis bridge kawakan menulis tentang defense tingkat dewa yang dilakukan oleh Irene Baroni pemain putri Italia yang pada tahun 2004 masih menjadi pemain junior.

Advertisement

Ia berpasangan dengan pemain yang lebih muda darinya Alessandro GANDOGLIA karena ia masih junior pada tahun 2010. Mereka berdua bermain untuk mewakili Italia di kategori Mixed Team. Menurut Mark Horton ada pendapat berbeda tentang apa yang dimaksud dengan play  atau defense yang brilian. Tetapi bagi dia, salah satu indikator bahwa sesuatu yang istimewa telah terjadi adalah jika hasil itu dicapai hanya di satu meja.

Kejadia ini terjadi pada  papan no 4 dari round robbin ke 7 Piala Wuhan dalam  pertandingan antara USA2 dan Italia.

 

Utara

S Q83

Advertisement

H 10952

D 85

C J864

Barat Timur

S 109542 S AKJ

Advertisement

H 876 H AQJ4

D AK D 1096

C KQ10 C 932

Selatan

S 76

Advertisement

H K3

D QJ7432

C A75

Barat Utara Timur Selatan

D Rosenberg Gandoglia M Rosenberg Baroni

Advertisement

1S Pass 2C Pass

2NT Pass 3S Pass

4S //

 

Di Open Room  kontrak yang dicapai 4S dan Utara lead D8  dan deklarer mengambil 11 trik untuk +650.

Advertisement

 

Di closed room Alessandro Gandoglia melakukan lead yang sama. Declarer menang dan segera memainkan heart ke jack, yang berhasil dimenangkan oleh declarer ! Ini terjadi karena Irene memainkan H3.

Sulit untuk menyalahkan declarer atas apa yang terjadi selanjutnya.

Karena merasa yakin HK sudah kena potong. Declarer kemudian main SA dan SK. Akibatnya memberikan satu trik SQ kepada lawan. Selanjutnya ia main diamond ketangan dilanjutkan dengan potong HQ. Irene menang HK lanjutkan serang diamond. Declarer ruff kemudian main HA berharap terbagi rata dan ternyata tidak. Ia kemudian ruff heart dan mencoba exit dengan trump. Utara menang SQ kemudian beralih serang club dan Irene menang CA ambil DQ untuk mati 1.

Menurut Mark Horton, Ia tidak mengatakan itu adalah permainan defense  paling cemerlang yang pernah dia  lihat, tapi ini berada di posisi 1 teratas karena di meja ini satu-satunya kontrak 4S yang mati 1 dari semua meja di empat kategori yang memainkan papan ini.***

Advertisement

Lanjutkan Membaca
Advertisement