Connect with us

News

Presiden Siap Relokasi Korban Erupsi Gunung Semeru

Avatar

Diterbitkan

pada

Presiden Jokowi di tenda pengungsi erupsi Gunung Semeru. (Biro Pers Setpres).

Presiden Jokowi di tenda pengungsi erupsi Gunung Semeru. (Biro Pers Setpres).

FAKTUAL-INDONESIA: Presiden Joko Widodo Selasa (7/12/2021) meninjau langsung korban terdampak meletusnya gunung Semeru di tenda-tenda darurat pengungsian.

“Pagi hari ini saya datang ke lokasi untuk memastikan bahwa seluruh kekuatan yang kita miliki sudah berada di lapangan untuk pencarian korban yang masih ada, kemudian juga evakuasi,” kata Presiden di kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa.

Gunung Semeru yang terletak di dua kabupaten di Jawa Timur yaitu Kabupaten Malang dan Lumajang mengalami erupsi pada 4 Desember 2021 sekitar pukul 15.00 WIB. Gunung itu mengeluarkan lava pijar, suara gemuruh serta asap pekat berwarna abu-abu.

Gumpalan awan panas menimpa rumah-rumah penduduk yang mnimbulkan korban jiwa yang kini sudah mencapai 34 orang. Kini penduduk setempat terpaksa tidur beralaskan tikar di tempat-tempat pengungsian yang lebih aman.

“Kita lihat untuk rencana perbaikan infrastruktur yang rusak akibat letusan gunung Semeru ini,” tambah Presiden.

Advertisement

Presiden meninjau lokasi pengungsi untuk memastikan bahwa pengungsi tertangani dengan baik.

“Yang berkaitan dengan konsumsi, kesehatan, air bersih, saya kira kondisinya mulai membaik. Kita berharap setelah nanti reda, semuanya bisa dimulai baik yang berupa perbaikan infrastruktur,” ungkap Presiden.

Menurut Presiden Jokowi, pemerintah terbuka atas kemungkinan relokasi penduduk dari permukimannya saat ini.

“Maupun kemungkinan relokasi dari tempat-tempat yang kita perkirakan berbahaya untuk dihuni kembali. Tadi saya dapat laporan kurang lebih 2.000-an rumah yang harus direlokasi. Ini segera akan kita putuskan di mana relokasinya dan saat itu juga akan segera kita bangun. Saya kira semua sudah siap,” tegas Presiden.
Presiden Jokowi atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia juga menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya korban akibat letusan Gunung Semeru.

Saat berada di sana Presiden Jokowi meninjau posko pengungsi di Lapangan Desa Sumberwuluh, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Advertisement

Presiden bertemu pengungsi, melihat dapur umum, meninjau Posko Pelayanan Kesehatan, bertemu anak-anak, dan menyerahkan santunan kepada ahli waris korban meninggal akibat erupsi Gunung Semeru. ***

 

Lanjutkan Membaca