Home News Quartararo Paling Konsisten di MotoGP 2021

Quartararo Paling Konsisten di MotoGP 2021

oleh Joko Ham
Fabio Quartararo. (Ist)

Fabio Quartararo. (Ist)

FAKTUALid – Di pentas MotoGP, Yamaha memiliki empat pebalap pada musim ini, yakni Fabio Quartararo, Maverick Vinales, Franco Morbidelli, dan Valentino Rossi.

Tapi, tahukah Anda siapa pebalap yang paling kosisten di musim 2021? Jawabnya, yakni Fabio Quartararo. Salah satu indikasinya ialah Quartararo nangkring posisi puncak klasemen sementara MotoGP dengan torehan 115 poin.

Kepala Kru Quartararo di Monster Energy Yamaha, Diego Gubellini, memuji sepak terjang pembalap asal Prancis itu. Menurutnya,  Quartararo adalah pembalap Yamaha paling konsisten pada musim ini, yang ditunjukkan dengan posisinya sebagai pemimpin klasemen.

Yamaha memiliki empat pembalap pada musim ini, yakni Quartararo, Maverick Vinales, Franco Morbidelli, dan Valentino Rossi. Quartararo dan Vinales membela tim pabrikan, sedangkan sisanya membawa bendera tim satelit, Petronas Yamaha SRT.

Namun, penampilan Quartararo paling menonjol di antara mereka. Selain pemimpin klasemen, performa Quartararo berbanding terbalik dengan Vinales (peringkat 6), Morbidelli (peringkat 10), dan Rossi (peringkat 19).

El Diablo -julukan Quartararo- mendapatkan empat podium dalam tujuh seri balapan yang tiga di antaranya berbuah kemenangan. Vinales sekali juara, sedangkan Morbidelli sekali naik podium, dan Rossi belum pernah juara mapun naik podium.

“Ini (Motor Yamaha YZR-M1) adalah satu set. Faktanya, di Yamaha, satu-satunya pembalap paling konsisten adalah Fabio (Quartararo), sedikit mirip seperti Johann Zarco (Pramac Ducati) di Ducati,” ujar Gubellini, dikutip dari Motosan, Minggu (13/6/2021).

“Sementara itu, Maverick Vinales dan Franco Morbidelli mengalami pasang surut. M1 yang kami miliki tahun ini memungkinkan Anda untuk menjadi cepat di semua tempat,” ucap Gubellini.

“Fabio mendapati dirinya dalam kondisi teknis seperti pada musim 2019. Oleh sebab itu, dia lebih kuat dan lebih sadar akan peluang (untuk memenangkan balapan),” ujarnya.

Namun, Quartararo baru saja menuai hasil buruk pada balapan terakhir, MotoGP Catalunya 2021. Quartararo finis keenam dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, Minggu 6 Juni 2021.

Quartararo sejatinya finis ketiga, tetapi dua penalti membuatnya turun tiga posisi. Quartararo dihukum karena memotong jalur dan membalap dengan baju terbuka tanpa pelindung dada. Semua kejadian itu terjadi saat balapan akan berakhir.

Quartararo berkesempatan untuk membayar kegagalan sebelumnya di Sirkuit Sachsenring, Jerman, Minggu 20 Juni 2021. Sirkuit Sachsenring akan menjadi tempat berlangsungnya balapan seri kedelapan musim ini, MotoGP Jerman 202. ***

You may also like

Tinggalkan Komentar