Home News Denmark vs Finlandia: Menanti Ledakan Tim Dimanit

Denmark vs Finlandia: Menanti Ledakan Tim Dimanit

oleh Joko Ham
Denmark vs Finlandia. (Ist)

Denmark vs Finlandia. (Ist)

FAKTUALid – Timnas Denmark akan bersua tim lemah Finlandia dalam laga ketiga  di Grup B Piala Eropa 2020, Sabtu (12/6/2021) malam.

Pertandingan ini akan digelar di Parken Stadium, Copenhagen, Denmark. Dalam sejaran gelaran Piala Eropa, Denmark adalah juara Piala Eropa  1992.

Sementara Finlandia merupakan tim debutan di Piala Eropa 2020. Dari segi pengalaman dan nama besar, Tim Dinamit  pantas diunggulkan.

Selain itu, Denmark diperkuat beberapa pemain berkualitas yang berkiprah di klub-klub top Eropa. Kasper Schmeichel (Leicester City), Simon Kjaer (AC Milan), Andreas Christensen (Chelsea), Christian Eriksen (Inter Milan), Pierre-Emile Hojbjerg (Tottenham), dan Martin Braithwaite (Barcelona) adalah beberapa di antaranya.

Sementara itu, satu sosok paling beken dari skuad Finlandia mungkin adalah Teemu Pukki. Namun sayang, striker klub Norwich City pencetak 10 gol di Kualifikasi Piala Eropa 2020 itu baru pulih dari cedera dan kondisinya masih cukup meragukan untuk laga pertama Finlandia nanti.

Performa Denmark juga lebih meyakinkan. Setelah menahan Jerman 1-1 dan menekuk Bosnia 2-0 di uji coba sebelum Piala Eropa, mereka dinilai sudah sangat siap. Ini kontras dengan Finlandia, yang selalu kalah dalam tiga laga terakhirnya.

Bagi sang juara Piala Eropa 1992, ini adalah putaran final Piala Eropa mereka yang ke-9. Sementara itu, Piala Eropa  2020 ini akan menjadi debut bagi Finlandia. Finlandia adalah negara ke-34 yang pernah lolos ke putaran final Piala Eropa.

Untuk rekor pertemuan kedua tim, Denmark dan Finlandia sudah sangat sering bertemu. Sejauh ini, mereka telah bertemu 57 kali, dan Denmark mendominasi rekor pertamuan mereka dengan mampu meraih kemenangan sebanyak 38 kali dari 57 pertandingan.

Pertemuan terakhir kedua tim, Denmark mampu mengalahkan Finlandia 2-1 di laga uji coba tahun 2011. Sempat tertinggal oleh gol Alexei Eremenko, Denmark membalikkan keadaan lewat gol-gol Daniel Agger dan Nicklas Bendtner.

Di atas kertas, Denmark unggul jauh jika dibandingnakn dengan Finlandia. Namun dalam sepakbola, sejarah dan statistik tidak bisa menentukan hasil akhir sebuah pertandingan.

Namun, secara kasat mata, Denmark lebih diunggulkan untuk memenangkan pertandingan pertama mereka kali ini. So, kita tinggal menunggu tim Dinamit meledak. ***

 

Tinggalkan Komentar