Home News Kemauan Tak Dituruti, Pria Berkebutuhan Khusus Nekat Panjat Tower

Kemauan Tak Dituruti, Pria Berkebutuhan Khusus Nekat Panjat Tower

oleh Dwipraya

 

Foto: Istimewa

FAKTUALid – Seorang pria berkebutuhan khusus nekat memanjat tower seluler setinggi 72 meter karena permintaan untuk menginap di rumah salah satu kerabatnya tidak disetujui orang tuanya. 

Fendi Andoko (34) yang warga Dusun Kwangen, Desa Plintahan, Kecamatan Pandaan Pasuruan itu bahkan sempat bertengger selama 8 jam di atas tower di sekitar rumahnya, sebelum akhirnya diselamatkan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasuruan.

Kapolsek Pandaan, Kompol Marwan Ishery Purnomo mengaku lega setelah pria itu berhasil dibujuk untuk turun. “Syukurlah, akhirnya mau turun. Selanjutnya, kami serahkan sepenuhnya ke pihak keluarga,” ujarnya, Sabtu (5/6/2021).

Kronologis kejadian bermula, ketika pria yang mengidap autis itu meminta izin untuk menginap di rumah seorang tukang yang masih kerabatnya, pada Jum’at (4/6/2021). Tapi ayahnya tidak menyetujui keinginannya tersebut.

Tanpa sepengetahuan orang tuanya, pria itu melampiaskan kekecewaannya dengan menaiki tower milik salah satu operator telekomunikasi, sejak pukul 16.00 WIB. Petugas dan orang tua yang mendapat laporan warga, langsung berjaga-jaga di bawah tower.

Berulangkali ayahnya,  Irwan Fendi (66) menggunakan pengeras suara, terus membujuk Fendi agar segera turun. Tapi karena lama tak kunjung turun, empat petugas BPBD mulai menyusul naik ke atas tower sekitar pukul 22.45 Wib.

Petugas terus meminta agar orang tua Fendi terus menyuarakan rayuan agar segera turun. “Turun Fendi, ayo katanya ke Surabaya. Ayo pelan-pelan turun, katanya suruh jemput,” teriak Irwan.

Setelah 8 jam bertahan di atas tower, Fendi mulai kelelahan dan akhirnya bersedia turun. Selanjutnya, petugas yang sudah berada di atas, segera memasangkan tali pengaman pada tubuh dan membimbing Fendi untuk turun. Selanjutnya keluarga Fendi segera membawanya masuk ke mobil untuk pulang.

Menurut warga sekitar, kejadian ini bukan kali pertama yang sudah dilakukan Fendi. Sebelumnya, ketika masih berusia 17 tahun, Fendi juga nekat menaiki tower yang sama hingga ke puncak.(Akbar Surya)***

Tinggalkan Komentar