Home News Presiden Perintahkan LADI Direformasi Total, Ada Menpora di Susunan Lengkap Pengurusnya

Presiden Perintahkan LADI Direformasi Total, Ada Menpora di Susunan Lengkap Pengurusnya

oleh Gungdewan
Menpora Zainudin Amali masuk dalam kepengurusan lengkap LADI yang diminta Presiden Joko Widodo direformasi total.

Menpora Zainudin Amali masuk dalam kepengurusan lengkap LADI yang diminta Presiden Joko Widodo direformasi total.

FAKTUAL-INDONESIA: Reformasi total LADI (Lembaga Anti Doping Indonesia). Begitu perintah Presiden Joko Widodo setelah membahas sanksi yang diberikan WADA (Lembaga Anti-doping Dunia).

Bila perintah Presiden itu dilaksanakan maka Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali berada dalam posisi sulit. Pasalnya, Zainudin Amali tercatat sebagai Ketua Dewan Pembina Pengurus LADI tahun 2021-2025. Kemudian Sekretaris merangkap Anggota ditempati oleh Sekretaris Kementrain Pemuda dan Olahraga Gatot S Dewa Broto.

Ketua Umum LADI sendiri diisi oleh  Musthofa Fauzi dengan Wakil Ketua  Rheza Maulana Syahputra, Sekretaris Dessy Rosmelita, Wakil Sekretaris Maria Wahyu Daruki dan Bendahara  Anwar.

Perintah Presiden untuk mereformasi total LADI itu diungkapkan oleh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Jumat (22/10/2021).

“Bapak Presiden minta dilakukan evaluasi internal dan investigasi secara menyeluruh. Reformasi LADI secara total,” kata  Bey Machmudin.

Presiden Jokowi sebelumnya pada hari yang sama memanggil Menpora Zainudin Amali dan LADI ke Istana Negara. Pertemua membahas sanksi yang diberikan oleh WADA.

Selain itu Bey mengatakan bahwa Presiden Jokowi juga meminta agar Menpora memperbaiki komunikasi dengan WADA.

Tujuannya agar bisa mencari cara agar sanksi yang diterima Indonesia bisa segera diselesaikan. “Menpora segera perbaiki komunikasi dengan WADA,” tuturnya.

Menurut Bey rapat tersebut langsung dipimpin Presiden Jokowi dan dihadiri Wapres, Menteri Pemuda dan Olahraga, Menteri Sekretaris Negara, Sekretaris Kabinet, Menteri Keuangan, Wakil Menteri BUMN, dan Ketua LADI.

Seperti diketahui LADI pun diberi sanksi oleh WADA karena dianggap tak mematuhi prosedur anti-doping, yakni test doping plan (TDP).

Akibat sanksi ini, Indonesia tidak diperbolehkan mengibarkan bendera Merah Putih di single event dan multievent internasional.

Hal tersebut terjadi saat tim bulu tangkis putra Indonesia menjuarai Piala Thomas. Bendera Merah Putih tidak berkibar dalam ajang tersebut dan digantikan dengan bendera PBSI.

Kejadian ini membuat pecinta olahraga di Indonesia kecewa berat.

Netizen geram. Netizen kaget. Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga dianggap abai dan membuat malu Indonesia di mata dunia.

Kepengurusan baru LADI dibentuk sesuai dengan Surat Keputusan (SK) yang diteken Menteri Pemuda dan Olahrag, Zainudin Amali tertanggal 30 Juni 2021

SK Menteri terbaru ini bernomor 53 tahun 2021. Menimbang, sehubungan dengan pengunduran diri Saudara  Dr.dr. Junaidi, SP.KO sebagai Ketua Lembaga Anti Doping Indonesia periode Tahun 2021-2025 dan Saudara Firtian  Judiswandarta, SE., ST., MM sebagai Sekretaris Lembaga  Anti Doping Indonesia periode tahun 2021-2025.

Serta  untuk optimalisasi dan percepatan pelaksanaan tugas  dan fungsi Lembaga Anti Doping Indonesia, perlu  dilakukan penyesuaian/pergantian personil dewan  pengurus harian Lembaga Anti Doping Indonesia.

Dalam SK itu tercantum bahwa segala Pendanaan yang timbul sebagai akibat ditetapkannya Keputusan Menteri ini dibebankan kepada DIPA Kementerian  Pemuda dan Olahraga Tahun Anggaran Berjalan.

Berikut ini susunan pengurus LADI 2021-2025

A. DEWAN PEMBINA
Ketua : Dr. H. Zainudin Amali, S.E., M.Si
Sekretaris merangkap Anggota : Drs. Gatot. S Dewa Broto, MBA
Wakil Sekretaris merangkap Anggota : Drs. Chandra Bhakti, M.Si
Anggota :
1. Prof. Dr. Faisal Abdullah, SH., M.Si, DFM
2. H. Mahfudin Nigara, SE., M.M
3. Dr. Herman Chaniago, MM
4. Prof. Dr. dr. James Tangkudung, SportMed., M.Pd.
5. Prof. Dr. Firmansyah Dlis, M.Pd
B. DEWAN PENGURUS HARIAN
Ketua : dr. Musthofa Fauzi, Sp.An
Wakil Ketua : dr. Rheza Maulana Syahputra, BMedSc., (Hons), M.M., MARS
Sekretaris : drg. Dessy Rosmelita, Sp. Perio., MARS
Wakil Sekretaris : dr. Maria Wahyu Daruki, MARS.
Bendahara : Drs. Anwar, M.Si
Direktur Administrasi dan Kemitraan : dr. Rora Asyulia
Direktur Edukasi : dr. Veranika Darmidy, Sp.KO
Direktur Pengujian : dr. Dwi Mardiana Pertiwi Nusantari, MPH. ***

= = = = = = = = =

‘HUBUNGI KAMI’

Apakah Anda tertarik  dengan informasi yang diangkat dalam tulisan ini? Atau Anda memiliki informasi atau ide soal politik, ekonomi, hukum dan lainnya? Bagikan pengalaman dan pendapat Anda dengan mengirim email ke aagwared@gmail.com

Harap sertakan foto dan nomor kontak Anda untuk konfirmasi. ***

= = = = = = = = =

1 Komentar

Avatar
Sony G hariyanto Oktober 23, 2021 03:43 - 03:43

Mohon tim. Review kemenpora utk ditinjau ulang. Terkait penetapan atlet2 prestasi yg akan mewakili Indonesia dlm kejuaraan .

Balas

Tinggalkan Komentar