Home News Paralimpiade Tokyo: Ratri Ukir Prestasi yang Sulit Tersaingi, Sumbang Emas Kedua untuk Indonesia

Paralimpiade Tokyo: Ratri Ukir Prestasi yang Sulit Tersaingi, Sumbang Emas Kedua untuk Indonesia

oleh Gungdewan
Merebut medali emas ganda campuran bulutangkis bersama Hary Susanto membuat Leani Ratri Oktila menyabet dua emas dan satu perak di Paralimpiade 2020 Tokyo

Merebut medali emas ganda campuran bulutangkis bersama Hary Susanto membuat Leani Ratri Oktila menyabet dua emas dan satu perak di Paralimpiade 2020 Tokyo

FAKTUALid – Leani Ratri Oktila mencetak sejarah yang mungkin akan sukar disamai atlet Indonesia lainnya di pesta olahraga dunia.

Ratri menjadi atlet pertama Indonesia yang mampu merebut dua medali emas di ajang Paralimpiade setelah bersama Hary Susanto berjaya pada ganda campuran cabang olahraga para bulutangkis SL3-SU5 Paralimpiade 2020 Tokyo, Jepang.

Ratri dan Harry kembali mengibarkan bendera Merah Putih  mengumandangkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya setelah di final menaklukkan pasangan Prancis, Mazur Lucas/Noel Faustine straight game 23-21, 21-17. 

Kejayaan di di Yoyogi National Stadium, Jepang, Minggu (5/9/2021), ini menjadi emas kedua bagi Ratri sendiri dan juga Kontingen Indonesia.

Sehari sebelumnya Ratri juga mencatat sejarah menjadi penyumbang emas pertama bagi Kontingen Merah Putih dari ganda putri bersama Khalimatus Sadiyah.

Sebenarnya Ratri berpeluang mencetak hattrick emas di Paralimpiade Tokyo karena dia juga lolos ke final tunggal putri SL4.

Sayang, pemain yang dijuluki Ratu Parabadminton itu takluk di tangan wakil China, Cheng Hefang, 19-21, 21-17, 16-21.

Meskipun demikian, Chef de Mission Kontingen Indonesia, Andi Herman memuji pencapaian dua emas di ajang Paralimpiade ini. Prestasi ini memiliki makna luar biasa.

“Raihan emas kedua bagi kontingen Indonesia ini bukan saja prestasi luar biasa bagi bangsa Indonesia tetapi juga merupakan sebuah sejarah bagi NPC Indonesia yang mampu meraih dua medali emas di Paralimpiade,” ucap Andi Herman.

Dia mengemukakan, prestasi itu diraih melalui perjuangan yang berat para atlet Indonesia. Namun hasil ini juga memberikan inspirasi bagi kita bahwa atlet Indonesia bisa berprestasi di kancah dunia.

“Jadi hasil ini merupakan prestasi yang luar biasa karena mampu melebihi target awal yang kita tetapkan sebelum berangkat ke Paralimpiade 2020,” tegas Andi Herman. ***

1 Komentar

Avatar
Eman Sumusi September 5, 2021 16:51 - 16:51

Alhamdulillah, prestasi yg luar biasa dan membanggakan. Semoga dijadikan tradisi raihan medali emas INA pada Paralympic selanjutnya Aamiin . .

Balas

Tinggalkan Komentar