Home NasionalNusantara Mahasiswa Luar Jawa Mengeluh Kekurangan Sembako dan Vitamin

Mahasiswa Luar Jawa Mengeluh Kekurangan Sembako dan Vitamin

oleh Ki Pujo Pandunung

 

Mahasiswa Sumut sampaikan keluhan ke Ganjar Pranowo. (Istimewa)

 

FAKTUALid – Beberapa asrama mahasiswa dari luar Jawa yang berada di Kota Semarang, Jawa Tengah, dipantau Gubernur Ganjar Pranowo, Senin (5/7/2021), terkait penerapan PPKM Darurat.

Ada tiga asrama yang disambangi pagi tadi. Yakni asrama mahasiswa Sumatra Utara dan asrama mahasiswa Aceh di Tembalang, serta asrama mahasiswa Kalimantan Barat di Jalan Kendeng, Gajahmungkur, Kota Semarang.

Kedatangan Ganjar disambut gembira para mahasiswa. Selayaknya teman yang berkunjung, Ganjar pun mengobrol dan menanyakan kabar.

“Sehat-sehat semua ya? Sekarang yang masih kurang apa? Kalau vitamin dan masker ada?” tanya Ganjar, saat bertemu mahasiswa dari Sumatra Utara dan Aceh.

Para mahasiswa perantauan di dua asrama itu kompak memberikan jawaban yang sama, yaitu kekurangan sembako. Mahasiswa yang ditemui Ganjar itu juga menanyakan vaksin untuk kalangan mahasiswa.

“Beras, Pak. Vitamin dan masker juga. Sama satu lagi, vaksin. Kapan kami bisa vaksin Pak Ganjar?” jawab para mahasiswa yang memutuskan bertahan di perantauan selama pandemi Covid-19.

Hal yang sama juga didapati saat berkunjung ke asrama mahasiswa Kalimantan Barat “Rahadi Osman” di Jalan Kendeng, Gajahmungkur, Kota Semarang. Para mahasiswa asal Kalimantan Barat itu juga menyampaikan kebutuhan sembako dan vitamin untuk sehari-hari.

Terkait permintaan vaksin mahasiswa, Ganjar menjelaskan saat ini sedang menyiapkan beberapa tempat vaksinasi untuk umum. Di beberapa tempat bahkan sudah berjalan seperti di Kota Semarang. Ganjar juga sedang menyiapkan tempat vaksinasi bekerja sama dengan pihak perguruan tinggi.

“Sekarang kita sedang siapkan vaksinasi di beberapa tempat, juga kerja sama dengan kampus. Sudah banyak kampus yang melaksanakan vaksinasi dan teman-teman bisa bergabung di tempat terdekat, di kepolisian juga bisa,” katanya.

Ganjar menambahkan, dalam pekan ini akan datang lagi vaksin dari pemerintah pusat. Apabila vaksin tersebut sudah datang, ia berharap kawan-kawan mahasiswa bisa langsung mendaftar.

“Di Kota Semarang sudah ada, ikuti saja instagrammya Wali Kota. Mungkin juga ada share dari kampus, nanti kampus juga akan memberikan pengumuman itu. Jadi kalau sudah datang, siap-siap saja divaksin semua,” jelas Ganjar.

Ganjar mengapresiasi para mahasiswa yang bertahan di asrama atau kos dan mengurangi mobilitas. Ia berpesan agar mahasiswa tetap menjaga protokol kesehatan karena saat ini kondisi pandemi Covid-19 yang masih memprihatinkan.

“Saya terima kasih kawan mahasiswa tetap jaga kesehatan dan tidak banyak mobilitas. Titip saja kawan mahasiswa menjaga prokes semua karena situasi lagi darurat,” pesannya kepada mahasiswa.***

Tinggalkan Komentar