Home NasionalNusantara Kota Semarang Gelap, Pemkot Mulai Padamkan Lampu di Semua Kecamatan

Kota Semarang Gelap, Pemkot Mulai Padamkan Lampu di Semua Kecamatan

oleh Ki Pujo Pandunung

 

Sudut Kota Semarang terimbas gelap. (Foto: FAKTUALid/Ki Pujo Pandunung)

FAKTUALid – Pemkot Semarang mulai tadi malam melakukan pemadaman lampu di hampir semua ruas jalan utama di seluruh kecamatan. Akibatnya, pemandangan menjadi lain, karena suasana kota gelap gulita. Pemadaman ini terkait pelaksanaan kebijakan PPKM Darurat.

Menurut Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Semarang, Ali, pemadaman ini adalah bagian dari langkah Pemerintah Kota Semarang untuk menekan kerumunan. Pemadaman juga atas saran dari Polrestabes Semarang.

“Betul. Ini bagian dari upaya kami untuk menekan kasus Covid-19,” ujarnya, Rabu (14/7/2021).

Ali mengungkapkan, pemadaman ini sebetulnya sudah dilakukan sejak kali pertama PPKM Darurat diterapkan. Namun waktu itu hanya di 8 titik ruas jalan saja. Kemudian sempat berkembang menjadi 21 titik.

Beberapa hari kemudian, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, menyarankan pemadaman dalam satu kecamatan setidaknya ada 3 ruas jalan yang dimatikan. Berarti, jika di Kota Semarang ada 16 kecamatan, ada 48 titik ruas jalan yang dimatikan.

“Dari Kapolda, kami dapat saran semua jalan protokol agar dimatikan,” tambahnya.

Pemadaman listrik akan dilakukan sampai akhir masa PPKM Darurat tanggal 20 Juli 2021. Waktu pemadaman dilaksanakan mulai pukul 18.00 WIB sampai pukul 06.00 WIB.

Terpisah, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, meminta masyarakat untuk menahan diri di rumah jika tidak ada agenda yang penting. Pemadaman ini, agar mobilitas semakin berkurang dan harapannya Covid-19 di Kota Semarang bisa terus ditekan.

“Kalau tidak mau celaka, jangan keluar rumah dulu. Hari ini kami imbau masyarakat bisa menahan diri di rumah dan mengurangi kegiatan di luar,” kata Hendi, sapaan akrab wali kota.

Pemadaman lampu kota juga didukung Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Hanya perlu diperhatikan soal keamanan. Hal itu untuk mencegah kecelakaan dan terjadinya tindak kejahatan.

Dari pemantauan semalam, lampu jalan yang dipadamkan antara lain Jalan Ngesrep Timur, Supriyadi, Lamper Tengah, Sendangguwo Baru, Srikaton, BK-Suratmo, Pemuda, Gajah, Kranggan, dan Kauman.

Selain itu kawasan Kota Lama, semua akses jalan besar di kawasan Simpang Lima, dan jalan ruas lainnya seperti Jalan S Parman, Jalan Majapahit, Jalan Jolotundo, Jalan Kartini, Jalan Citarum, Jalan Mt Haryono, Jalan Malangsari Raya, Jalan Medoho Raya, Jalan Tentara Pelajar.

Selanjutnya, Jalan Sriwijaya, Jalan Suyudono, Jalan Batang Selatan, Jalan Thamrin, Jalan Ki Mangunsarkoro, Jalan Wolter Monginsidi, Jalan Gebanganom, Jalan Durian Raya, Jalan Mulawarman Raya, Jalan Banjarsari, Jalan Hasanuddin, Jalan Urip Sumoharjo, Jalan dr Hamka, dan Jalan Moch Ikhsan.***

Tinggalkan Komentar