Home NasionalNusantara Kepung Corona! Setelah Jogo Tonggo Jateng Andalkan Rembug Desa

Kepung Corona! Setelah Jogo Tonggo Jateng Andalkan Rembug Desa

oleh Ki Pujo Pandunung

 

 

FAKTUALid – Setelah menggelar program Jogo Tonggo yang mendayagunakan entitas desa, Jateng kini mencoba program baru yang dinamai Rembug Desa, sebagai upaya untuk mengepung dan menekan persebaran virus Corona.

Program yang digagas Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ini, sebagai ikhtiar penanganan pandemi level selanjutnya. Setiap hari, akan dilaksanakan rembugan online dengan para kades-kades di Jateng.

Rembugan ini, dilaksanakan bergilir per kabupaten. Rembug Desa perdana Senin (19/7/2021) hari ini. Ganjar akan berbicara dengan kades-kades di Banjarnegara. Berlanjut besok dan seterusnya dengan kades-kades dari daerah zona merah lainnya.

Mungkin rapat gubernur dengan kades-kades terkait pandemi ini kali pertama terjadi di Indonesia. Rembug Desa, dilatarbelakangi pemikiran bahwa desa dengan masyarakat dan aparaturnya adalah garda terdepan perlawanan pandemi sesungguhnya. Dengan pendayagunaan potensi, diharapkan ada perlawanan terhadap Covid-19 secara massif, terstruktur, dan sistematis.

Pertempuran yang terpusat di kota ternyata tidak berhasil menghentikan pandemi. Maka kenapa tidak dijalankan strategi gerilya: ‘Dari Desa Mengepung Corona’.

Melalui Rembug Desa, Ganjar akan menjaring laporan dan masukan berdasarkan kondisi faktual lapangan serta apa sebenarnya yang diinginkan masyarakat di desa. Ganjar juga bisa memberi arahan langsung tentang kebijakan pemerintah pusat dan provinsi.

Kades bisa bertanya sehingga tercipta diskusi dua arah yang terbuka dan mencerahkan. Diharapkan cara ini akan meminimalkan distorsi informasi sehingga pelaksanaan program PPKM Darurat berjalan efektif, efisien, dan dengan pendekatan humanis tanpa kekerasan.

Rembug Desa dilakukan dengan zoom yang disiarkan langsung melalui live streaming di YouTube, Facebook, dan Instagram Ganjar Pranowo.

Masyarakat diharapkan ikut memantau rapat online ini untuk dapat memberikan masukan dan kroscek informasi di chat streaming. Sehingga ikhtiar ini bisa semakin mendekatkan masyarakat dengan pintu keluar dari pandemi.***

Tinggalkan Komentar