Home NasionalNusantara Bangsa Merasa Bangga, Indonesia Dipercaya Jadi Presidensi G20

Bangsa Merasa Bangga, Indonesia Dipercaya Jadi Presidensi G20

oleh Ki Pujo Pandunung

 

Ganjar dalam penutupan Solo Great Sale 2021. (Istimewa)

 

FAKTUAL-INDONESIA: Untuk kali pertama, Indonesia dipercaya negara-negara dunia sebagai Presidensi G20 selama satu tahun ke depan. Kepercayaan dunia tersebut merupakan kebanggaan seluruh bangsa.

“Mudah-mudahan ini mampu menunjukkan harkat martabat kita sebagai bangsa besar. Hari ini ditunjukkan, bahwa Presiden Jokowi sedang hadir di Italia untuk menyiapkan transisi kepemimpinan G20. Itu kebanggaan luar biasa sebagai sebuah bangsa,” kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dalam penutupan Solo Great Sale (SGS) 2021 di Bengawan Solo Park, Kota Surakarta, Minggu (31/10/2021).

Menurut Ganjar, kepercayaan sebagai leader G20 tersebut membangkitkan optimisme. Apalagi saat ini dalam peta Covid-19 di dunia, Indonesia termasuk dalam level satu atau kelas dunia.

“Kita vaksin the best, pengelolaan bagus, dan dalam peta Covid-19 Indonesia termasuk dalam level satu, kelas dunia. Maka cukup membanggakan ketika Presiden hari ini di Italia disambut luar biasa dan akan menjadi leader G20. Belum ada sejarahnya dan baru kali ini. Ini optimisme yang akan kita bangun,” katanya.

Penutupan SGS 2021 sendiri, dihadiri Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka yang mendampingi Ganjar Pranowo. Dalam kesempatan itu Ganjar memberikan apresiasi atas semangat membangkitkan perekonomian.

“Di tengah situasi sulit ternyata kolaborasi dari berbagai pihak di Solo bisa memiliki tips agar ekonomi kembali bangkit. Dari target Rp800 miliar bisa dapat Rp1,1 triliun. Ini semangat luar biasa. Wali Kota hampir tiap hari nongkrongin, dorong terus sampai sekarang mempunyai ide di mana kemudian pasar bisa jalan lagi, kegiatan jalan lagi, tapi pesan saya proksesnya harus tetap kencang,” katanya.

Ganjar berharap, semangat yang membuahkan hasil itu bisa dicontoh daerah lain. Tentunya dengan cara bermacam-macam agar perekonomian kembali bangkit.

“Membangkitkan ekonomi kreatif dan mempunyai ekosistem baru, maka pada 2022 nanti kita bisa lari kencang. Peluangnya sangat terbuka. Terus berjuang, berikhtiar, berdoa, bekerja sama, dan saling tolong menolong,” ungkapnya.***

Tinggalkan Komentar