Home NasionalNusantara Ambarawa Kembali Diguncang Gempa, Ruang Kelas Sekolah Dasar Pada Rusak

Ambarawa Kembali Diguncang Gempa, Ruang Kelas Sekolah Dasar Pada Rusak

oleh Ki Pujo Pandunung

Foto: Ilustrasi

FAKTUAL-INDONESIA: Wilayah Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jateng, kembali diguncang gempa, Kamis (4/11/2021) sekira pukul 05:17:46 WIB.

Pihak  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, sesuai analisis  BMKG, gempa pagi tadi memiliki magnitudo M2.6. Dengan episenter berada pada koordinat 7.28 LS dan 110.36 BT, tepatnya di darat dengan jarak 2 km arah Barat Laut Ambarawa, berkedalaman 1 Km.

“Jika memperhatikan magnitudo, lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak gempa yang terjadi merupakan bagian dari rangkaian aktivitas gempa swarm ke-41 yang terjadi di Ambarawa dan sekitarnya,” Kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie, dalam keterangan resmi, Kamis (4/11/2021).

Guncangan gempa swarm terasa di Ambarawa dalam skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Masyarakat diingatkan tetap tenang dan tidak usah terpengaruh isu liar yang tak dapat dipertanggungjawabkan. Warga juga diimbau untuk menghindari setiap bangunan retak atau rusak akibat gempa.

Sementara akibat rentetan  guncangan gempa bumi di Ambarawa, sedikitnya tiga ruang kelas SD tercatat mengalami kerusakan cukup parah dan nyaris ambruk.

Kerusakan yang menimpa tiga ruang kelas SD Kupang 01, Ambarawa, itu pun akhirnya tidak bisa digunakan untuk kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM).

Akibat gempa yang terjadi sejak pekan lalu itu, beton penyangga atap ruang kelas 3A, 3B dan 4A mengalami keretakan bahkan nyaris ambruk.***