Connect with us

Nusantara

Provinsi Kepulauan Babel Telah ditunjuk Presiden Jokowi Jadi Pusat Pendidikan Konghucu

Avatar

Diterbitkan

pada

Pemuka Konghucu dapat arahan Presiden Jokowi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) telah ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai daerah pusat pengembangan pendidikan Konghucu karena memiliki harmonisasi keagamaan tertinggi di Indonesia.

Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohandi mengatakannya di Pangkalpinang, Rabu (13/4/2022).

“Presiden Jokowi menunjuk Babel sebagai pusat pendidikan Konghucu ini bukan lagi sebuah dorongan, tetapi sebuah kebutuhan,” kata Erzaldi Rosman Djohan.

Presiden Jokowi menyampaikan Babel ditunjuk menjadi pusat pengembangan pendidikan konghucu, ujarnya, terkhusus untuk mengembangkan Sekolah Tinggi Konghucu Indonesia di Provinsi Babel.

“Sehari sebelum Imlek, kami bersama pengurus  Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin) menghadap Presiden dan beliau meminta agar segera didirikan Sekolah Tinggi Ilmu Konghucu di Bangka Belitung,” ucapnya.

Advertisement

Rencananya, ujar Gubernur, ada dua lokasi yang akan dihibahkan untuk membangun sekolah ini, yakni di daerah Tanjung Bunga dan Kejora seluas 4,5 hektare.

“Kita doakan bersama-sama, semoga di tahun depan tahun ke-100, harus ditandai dengan membangun Sekolah Tinggi Ilmu Konghucu Indonesia di Babel,” ujarnya.

Pengurus Matakin Budi Santoso mengatakan program ini juga sejalan dengan tenaga pendidik agama Konghucu yang memang tergolong masih sedikit, namun kebutuhannya cukup tinggi untuk tiap sekolah. Belum lagi, penganut agama Konghucu di Babel juga cukup banyak.

“Permintaan guru Konghucu banyak sekali, tetapi tenaga pendidiknya masih kurang sekali. Bagaimana kita mau menciptakan guru agama Konghucu, sedangkan sekolah tingginya pun tidak tersedia,” ujarnya.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement