Connect with us

Nusantara

Kota Surabaya Buka Car Free Day Secara Bertahap

Avatar

Diterbitkan

pada

Kawasan Kembang Jepun Surabaya. (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan membuka kembali kegiatan Car Free Day (CFD) di berbagai lokasi secara bartahap. Untuk tahap awal, CFD akan dibuka di Kembang Jepun pada Minggu (7/11/202() pukul 06.00-09.00 WIB.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Suharto Wardoyo, kuota maksimal pengunjung CFD Kembang Jepun yang berada dikomplek pecinan itu dibatasi maksimal hanya 200 orang. “Kalau sudah 200 orang, yang di luar diminta menunggu yang di dalam keluar dulu,” ujarnya, Sabtu (30/10/2021).

Seperti diketahui dalam kondisi normal, sejumlah kawasan di Kota Surabaya kerap dijadikan area CFD setiap Minggu, diantaranya Kembang Jepun dan Taman Bungkul Surabaya. Tapi untuk tahap uji coba kali ini mereka hanya memilih Kembang Jepun.

Kawasan tersebut dipilih karena sudah dilakukan asesmen oleh Satgas COVID-19 Surabaya. Pemilihan kawasan Kembang Jepun, juga mempertimbangkan akses pintu masuk dan keluarnya tidak terlalu banyak.

Sehingga pihaknya bisa lebih mudah menyiapkan aplikasi peduliLindungi, dan masyarakat yang masuk area itu juga harus sudah vaksin dua kali. Kawasan ini intensitasnya juga tidak sepadat di tempat lain.

Advertisement

Pihaknya juga memastikan tidak ada aktivitas penjualan selama CFD berlangsung. “Ini hanya untuk olahraga, tidak ada jualan dan kegiatan lainnya,” ujarnya.

Untuk memastikan keamanan pelaksanaan CFD di kwasan itu, pihaknya akan mengerahkan BPB dan Linmas, Satpol PP maupun petugas kecamatan dan kelurahan.

Selain Jalan Kembang Jepun, pihaknya juga sudah menyampaikan surat ke Tim Satgas Covid-19 untuk pengajuan beberapa lokasi lain. Dia berharap, pembukaan kembali kegiatan CFD tidak menimbulkan euforia masyarakat yang berlebihan.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Klik Untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *