Connect with us

Nusantara

Mengenakan Kostum Pangeran Keprajuritan, Gibran Pimpin Upacara Pajurit Keraton

Avatar

Diterbitkan

pada

 

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mengenakan kostum Pangeran Keprajuritan bersama Wamenpadekraf Angela Tanusudibjo menghadiri atraksi budaya prajurit keraton. (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Dengan mengenakan kostum Pangeran Prajuritan Keraton Surakarta Hadiningrat, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, memimpin upacara prajurit keraton seusai defile atraksi prajurit keraton, di pelataran Keraton Surakarta, Sabtu (6/11/2021).

Atraksi budaya prajurit keraton tersebut diharapkan menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Kota Solo. Dalam peluncuran atraksi prajurit keraton tersebut juga dihadiri Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) ,Angela Herliani Tanoesoedibjo.

Defile prajurit dari berbagai kesatuan prajurit keraton tersebut diikuti ratusan prajurit keraton. Atraksi tersebut akan terbagi dalam dua bagian, yakni prajurit dari keraton dan prajurit kreasi. Keduanya dipadukan dengan diiringi oleh kelompok drumband.

“Mengadakan atraksi budaya seperti ini, suatu arahan dari Presiden Joko Widodo. Untuk meningkatkan daya tarik pariwisata dengan cara mengedepankan kearifan lokal,” jelas Angela seusai atraksi prajurit.

Advertisement

Menurut Angela dengan mengemas atraksi budaya daerah yang lebih baik, bisa menjadi kekhasan daerah dan menarik wisatawan domestik dan internasional untuk mengenal Indonesia melalui sejarah dan kekayaan budaya yang dimiliki.

“Ke depan atraksi yang diselenggarakan dengan protokol kesehatan (prokes) ini diharapkan¬† menjadi embrio destinasi wisata baru Kota Solo,” jelasnya lagi.

Sedangkan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengatakan atraksi budaya tersebut menjadi momen yang sangat baik untuk membangkitkan pariwisata sehingga mampu mendongkrak perekonomian.

Lebih lanjut Gibran mengatakan jika tidak pandemi lagi, atraksi prajurit ini bisa berkeliling di kawasan keraton dan disaksikan wisatawan secara langsung. Tetapi karena saat ini masih pandemi, maka dilakukan secara terbatas dulu.

“Rencananya setiap Sabtu sore ke depan ada agenda ini. Saat inisementara lewat channel Youtube disbudpar (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo) dulu. Kalau kasus Covid-19 terus membaik, baru bisa nonton secara langsung,”kata Gibran.

Advertisement

Disinggung mengenai kesannya menjadi pemimpin upacara prajurit keraton, Gibran mengaku deg-degan. Karena semuanya menggunakan Bahasa Jawa.

“Deg-degan karena beda dengan upacara di balaikota. Kemarin saya minta contekan tapi minggu depan saya perbaiki kembali, karena ini pertama kali,” ucapnya.

Gibran juga mengaku tidak butuh persiapan lama untuk mengenakan kostum tersebut.

Sementara itu, pada acara tersebut sempat diwarnai pingsannya Wamenpadekraf seusai acara peluncuran atraksi budaya prajurit keraton. Angela yang berdiri di depan mic terlihat sempoyongan. Pengageng Parentah Keraton Surakarta,KGPH Dipokusumo yang berada di samping Angela dan Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak langsung sigap menolong Angela dan membawanya masuk ke dalam keraton.

Menurut Deputi Pengembangan Produk dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf, Riski Handayani, kondisi Wamenparekraf mengalami kelelahan.

Advertisement

“Sebelum ke Kota Solo, Wamenparekraf mengunjungo Rumah Atsiri di Tawangmangu Karanganyar. Mungkin beliau kelelahan ,”pungkasnya. ***

Lanjutkan Membaca