Connect with us

Nusantara

Capai 125 Persen Dari Target, Vaksinasi Covid-19 di Kota Solo Mulai Melambat

Avatar

Diterbitkan

pada

 

Vaksinasi Covid-19 yang difasilitasi Hipmi Solo di Balai Kota Solo. (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Vaksinasi Covid-19 di Kota Solo, Jawa Tengah, mencapai 125 persen untuk dosis pertama. Sedangkan dosis kedua mencapai 100 persen dari target.

“Kita memang agak lambat di akhir- akhir ini karena konsentrasi di daerah aglomerasi. Daerah yang masih rendah kita dorong,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, di sela vaksinasi massal dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Solo, di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Senin (25/10/2021).

Capaian tersebut bukan semuanya warga Solo. Sedangkan untuk warga Kota Solo saat ini mencapai 93 persen. Kelompok lanjut usia (lansia) dan warga yang masih enggan divaksin masih akan terus dikejar.

“Kami akan cari terus terutama kelompok lansia dan kelompok berisiko DM dan hipertensi kami cari harus tersasar semua. Meskipun kelompok lansia Solo sudah tinggi sudah 86 persen, tapi saya tetap harus mencari dan dosis kedua harus diberikan,” jelasnya lagi.

Advertisement

Untuk mencari warga yang belum divaksin, saat ini Pemkot Solo membuka pendaftaran langsung saat pelaksanaan vaksinasi.  Dengan merangkul seluruh kekuatan masyarakat mulai RT, RW, kader serta tokoh masyarakat.

“Puskesmas juga tetap layani.  Puskesmas juga buka di Posyandu dan kelurahan atau RW. Bisa di dua atau tiga tempat selain bus vaksin, selain itu juga buka malam hari di Puskesmas rawat inap,” katanya.

Tiap hari sebanyak 1.500 warga disuntik vaksin. Jumlah tersebut turun dari sebelumnya yang bisa mencapai 4.000 hingga 5.000 warga.

Sementara itu Ketua Hipmi Solo, Guruh Adinovianto mengatakan Hipmi membantu pemerintah untuk percepatan vaksinasi di Kota Solo.

“Hipmi menyediakan kuota Ebanyak 20.000 dosis untuk segmen pelajar, umum dan yang bekerja di Solo meski bukan warga ber KTP Solo, ” jelas Guruh.

Advertisement

Selain di Balai Kota Solo, vaksinasi yang difasilitasi Hipmi tersebut juga dilakukan di Graha Saba, Puskesmas, Korem, Gedung Joeang serta di Solo Techno Park. ***

Lanjutkan Membaca
Klik Untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *