Connect with us

Nusantara

Tinjau Pembangunan Pasar Legi, Puan Maharani Sebut Selesai November

Avatar

Diterbitkan

pada

Ketua DPR Puan Maharani bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono serta Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meninjau pembangunan Pasar Legi Solo. (Foto: Istimewa)

FAKTUALid – Ketua DPR RI Puan Maharani, meninjau pembangunan Pasar Legi Solo, Jawa Tengah, Sabtu (12/6/2021). Didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR ) Basuki Hadimuljono, serta Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Puan berkeliling Pasar Legi 

Rombongan berkeliling melihat perkembangan pembangunan Pasar Legi yang terbakar 2018 lalu. Saat meninjau, Puan mendapatkan penjelasan dari PT PP Urban selaku pelaksana proyek.

“Kedatangan saya hari ini untuk melihat secara langsung progres pembangunan Pasar Legi yang terbakar 2018 lalu,” kata Puan seusai meninjau di lantai 2 pasar.

Puan juga mengatakan berdasarkan laporan dari Menteri PUPR dan Direktur Utama PT PP,  pembangunan pasar induk di Kota Solo itu akan selesai pada bulan Oktober mendatang.

“Maksimal bulan November. Nanti serah terima ke Pemkot Solo, InsyaAllah November mendatang,” katanya lagi 

Advertisement

Pada bulan November juga diharapkan semua pedagang yang selama ini berjualan di pasar darurat, sudah dipindahkan semuanya. Pasar Legi mampu menampung 2.000 pedagang dan menjadi pasar terbesar di Kota Solo.

“Pasar Legi merupakan yang terbesar di Kota Solo bisa menampung 2.000 pedagang. Saya menanyakan apakah protokol kesehatan akan dijalankan, dan akan dijalankan. Karena untuk mengantisipasi pedagang dari daerah luar Solo ini penting,” jelasnya.

Sebelum pedagang  di pasar darurat dipindahkan ke Pasar Legi, Puan memastikan apakah semua pedagang telah dikonsolidasikan untuk mendapatkan kios semua. 

“Apakah semua pedagang sudah menerapkan cashless untuk pembayaran,  apakah di saat new nornal protokol kesehatan tetap dijalankan. Dan Alhamdulillah semua pedagang sudah divaksin,” jelasnya lagi.

Progres pembangunan saat ini sudah mencapai 55 persen.  Pasar tersebut dibangun dua lantai dengan tiga blok, A, B, C dan D, yang menampung sekitar 2.000 pedagang. 

Advertisement

Pasar Legi mulai dibangun 6 November 2020 secara multiyears kontrak. Direncanakan pembangunan Pasar Legi selesai dalam 390 hari atau 30 November 2021. Progres sampai dengan hari ini 51 persen. Ada sekitar 300 kios dan 128 los ditambah pelataran yang mampu menampung sekitar 200 pedagang.

“Pasar darurat ada disepanjang jalan dan belakang masjid. Untuk pedagang pindah tunggu selesainya pembangunan pasar dan serah terima,”  kata Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (Uti Farinzi) ***

Lanjutkan Membaca
Klik Untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *