Connect with us

Nusantara

Selesai Karantina di Asrama Haji, Para PMI Dikarantina Lagi di Puskesmas

Avatar

Diterbitkan

pada

Para PMI saat hendak mudik. (Foto:Istimewa)

FAKTUALid – Ratusan Pekerja Migran Indonesia (PMI) datang dan pergi di lokasi karantina Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Minggu (13/6/2021) hari ini, sebanyak 25 orang yang sudah menjalani karantina selama tiga hari mulai tanggal 10 – 12 Juni 2021, sudah diperbolehkan pulang ke kabupaten asalnya di Ponorogo.

Mereka yang merupakan PMI di Singapura, pulang ke kampung halaman dengan dijemput oleh mobil dinas Kabupaten Ponorogo.”Setelah dijemput dii Asrama Haji Surabaya, mereka akan dikarantina kembali selama tiga hari di Puskesmas masing-masing,” ujar petugas penjemput dari Kabupaten Ponorogo, Niko, Minggu (13/06/2021).

Prosesi penjemputan itu diawali dengan pelaporan data dan pengambilan berkas termasuk paspor dan hasil swab para PMI pada petugas KKP di Asrama Haji. Setelah tiba di Ponorogo, mereka akan dikarantina di Puskesmas yang terdekat dengan daerah para PMI masing-masing.

Salah satu PMI Ponogoro, Lestari (30), mengaku pulang ke kampung halamannya karena masa kontraknya kerjanya sudah berakhir. Selama di Singapura, Lestari bekerja sebagai Asisten Rumah Tangga di Singapura.

wanita yang sebelumnya sudah menjalani pelatihan merawat bayi, merawat orang tua, memasak, dan serta sedikit bahasa Inggris dan Mandarin itu sudah lima tahun mencari nafkah di singapura. “Rencananya saya tidak akan kembali lagi,” ujarnya.

Advertisement

Selanjutnya, dia akan menggunakan modal dan pengalamannya selama di luar negeri untuk membuka usaha warung kopi (warkop) dan bertani. Dia berharap setelah kembali ke kampung halamannya bisa mengubah keadaan keluarganya menjadi lebih baik Lebih sejahtera.
 
Selama berada di lokasi karantina, dia mengaku mendapat pelayanan yang ramah dan bagus. Kebetulan, dia bersama puluhan teman lainnya dalam kondisi sehat, sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan selama berada di asrama haji tersebut.

Sehari sebelumnya, ada empat kloter PMI yang mendarat di Bandara Juanda Surabaya. Sebanyak 226 orang PMI yang bekerja di Singapura, Malaysia, dan Hongkong itu harus menjalani karantina dulu. Dari jumlah tersebut, sebagian besar memilih karantina di Asrama Haji Sukolilo Surabaya adan sisanya memilih karantina mandiri di hotel yang berlokasi di Surabaya.(Akbar Surya)***

Lanjutkan Membaca
Klik Untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *