Connect with us

Nusantara

Ikuti Tradisi, Gibran Ziarah ke Makam Wali Kota Solo Terdahulu

Avatar

Diterbitkan

pada

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengikuti tradisi dengan ziarah ke makam-makam mantan Wali Kota Solo. (Foto: Istimewa)

FAKTUALid – Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka meneruskan tradisi wali kota sebelumnya dengan melakukan ziarah menjelang peringatan Hari Jadi Pemerintah Kota Solo Ke – 75, pada 16 Juni mendatang.

Bersama Wakil Wali Kota, Teguh Prakosa, Forkopimda Kota Solo dan Sekda Ahyani beserta jajarannya, Kamis (10/6/2021) melakukan ziarah ke makam para mantan wali kota.

“Ini rangkaian kegiatan memperingati Hari Jadi Pemkot Solo ke-75. Sudah tradisi dari tahun ke tahun,” ujar Gibran sesuai ziarah di makam Wali Kota Solo pertama, Sindoeredjo yang ada di Kelurahan Sewu, Kecamatan Jebres.

Menurut Gibran, ziarah juga untuk menghormati pemimpin yang telah wafat. Pada kesempatan itu, Wali Kota Solo juga mendengarkan keluhan dari keluarga Sindoeredjo.

“Keluhan soal tembok makam dan akses kursi roda. Nanti akan kita tindaklanjuti,” ujarnya.

Advertisement

Sindoeredjo merupakan Wali Kota Solo pertama yang menjabat dari tanggal 19 Mei 1946 hingga 15 Juli 1946 . Dia diangkat oleh Komite Nasional Indonesia Daerah Kota Surakarta.

Selain ziarah ke makam Sindoeredjo, juga ke makam mantan Wali Kota Solo lainnya. Ziarah dilakukan dengan dibagi empat kelompok dengan tujuan memecah kerumunan dan mematuhi protokol kesehatan.

Ada tiga makam mantan wali kota dan satu pejabat yang dikunjungi. Selain rombongan wali kota, rombongan kedua  yang dipimpin Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda, Kinkin Sultanul Hakim berziarah ke makam mantan Wali Kota Solo ke 12 Soekamto Prawirohadisebroto di Bibis Luhur, Banjarsari. Soekamto menjabat di Kota Bengawan pada tahun 1980 hingga tahun 1985. 

Rombongan ketiga dipimpin Asisten Ekbang Setda, Agus Sutrisno, mengunjungi makam Slamet Suryanto di Astana Bonoloyo. Slamet Suryanto menjabat pada tahun 2000-2005

Ziarah terakhir dilakukan oleh rombongan empat yang dipimpin Asisten Administrasi Umum Rahmat Sutomo di makam pejabat Wali Kota Budi Suharto, di Astana Pracimaloyo, Desa Makamhaji, Kartasura Sukoharjo.

Advertisement

“Kita kenang jasa dan pengabdian para mantan walikota, bahwa mereka pernah memimpin Kota Solo,” pungkasnya. (Uti Farinzi).***

Lanjutkan Membaca
Klik Untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *