Connect with us

Nusantara

CDC UNS Kenalkan Layanan Konseling Untuk Mahasiswa

Avatar

Diterbitkan

pada

Workshop pengenalan layanan konseling untuk mahasiswa yang dilakukan CDC UNS secara online. (Foto: Istimewa)

FAKTUALid – Career Development Center (CDC) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, mengenalkan layanan konseling kepada mahasiswa.

Menurut Kepala CDC UNS, Kusnandar,  perkembangan digital mengakibatkan munculnya persoalan-persoalan kompleks. 

“Hal tersebut terkait dengan distribusi informasi yang semakin cepat yang dapat mempengaruhi proses pengambilan keputusan. Distribusi informasi yang semakin cepat akan menimbulkan kekompleksan, terutama dalam kehidupan mahasiswa,” jelas Kusnandar, dalam workshop pengenalan CDC UNS kepada mahasiswa yang berlangsung secara online, Selasa (15/6/2021).

Melalui Bidang Konseling Mahasiswa (BKM), CDC UNS merasa perlu untuk membantu mahasiswa UNS dalam menyikapi hal tersebut.

“Kami di CDC UNS punya divisi yang dapat digunakan bagi mahasiswa terkait persoalan yang kompleks tadi, sehingga dapat menjadi sarana bagi mahasiswa guna menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi mahasiswa UNS,” jelasnya lagi.

Advertisement

Beberapa jenis masalah yang dialami oleh mahasiswa, seperti masalah pribadi/ sosial, akademik, dan karir dapat dikonsultasikan dengan tim BKM UNS. BKM UNS juga menjalin kerja sama dengan pihak Medical Center UNS yang melibatkan psikiater. Mahasiswa dapat mengakses BKM UNS melalui website resmi CDC, yakni cdc.uns.ac.id.

“Ke depan layanan konseling di CDC UNS akan memberikan Program Pendamping Teman Sebaya. Yakni program layanan konseling yang dilakukan oleh sesama mahasiswa untuk memberikan pendampingan bagi mahasiswa lainnya,” tambah salah satu anggota tim konseling, Ribut Purwaningrum.

Mereka yang melakukan pendampingan merupakan mahasiswa pilihan dari Program Studi (Prodi) Bimbingan Konseling (BK) dan Psikologi serta Prodi lainnya. (Uti Farinzi) ***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Klik Untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *