Connect with us

Nusantara

Bawaslu Solo Lakukan Seleksi Peserta SKPP 2021

Avatar

Diterbitkan

pada

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kota Solo, Muh Muttaqin. (Foto : Istimewa)

FAKTUALid – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Solo melakukan seleksi pendaftar siswa Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP).  Menyusul adanya program SKPP yang dibuka ditahun ini di Kota Solo. 

“Di Jawa Tengah sendiri rencananya akan terdapat enam titik lokasi yang menjadi tuan rumah penyelenggara SKPP,” jelas 

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kota Solo, Muh Muttaqin, Rabu (9/6/2021).

Kota Solo tahun ini menjadi satu dari enam titik pelaksanaan Pendidikan tingkat dasar peserta  SKPP 2021 di Jawa Tengah. Animo masyarakat Kota Solo untuk tahun ini lebih tinggi yakni mencapai 75 orang dibandingkan tahun lalu yang hanya 30 orang pendaftar SKPP.

“Pembukaan pendaftaran SKPP telah dilaksanakan sejak 24 hingga 28 Mei lalu. Saat ini Bawaslu Kota Solo melaksanakan seleksi berkas administrasi bagi calon siswa SKPP yang telah mendaftarkan diri melalui website Bawaslu RI,” jelasnya lagi.

Advertisement

Data dari Bawaslu Kota Solo mencatat dari 75 pendaftar, sebanyak 48 pendaftar dinyatakan Memenuhi Syarat (MS), sementara 23 pendaftar lainnya dinyatakan Tidak Menuhi Syarat (TMS ).

“Mereka yang tidak memenuhi syarat adalah dikarenakan beberapa sebab, diantaranya karena usia tidak memenuhi syarat , pendidikan tidak memenuhi syarat ijazah minimal, pernah menjadi penyelenggara pemilu,pernah menjadi anggota/pengurus parpol,” paparnya.

Selain itu terdapat pula satu orang pendaftar yang double data. Muttaqin menjelaskan SKPP mempunyai   harapan agar anak didik atau peserta  mampu menjadi pengawas pemilu partisipatif dan penggerak masyarakat untuk partisipatif di masing-masing lingkungan.

Siswa peserta SKPP diharapkan dapat berksesinambungan dalam pengawasan pemilu/pilkada. Partisipasi ini diharapkan akan terus berlanjut berkesinambungan dari pemilu ke pemilu. 

“Kami mentargetkan paling tidak nanti para kader SKPP ini bisa meningkatkan pengawasan partisipatif masyarakat, semakin banyak pihak yang ikut mengawasi dan mengetahui tugas pokok pengawasan sehingga pemilu Pilkada akan lebih baik dari tahun ke tahun,” pungkasnya. (Uti Farinzi) ***

Advertisement

Lanjutkan Membaca
Klik Untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *