Home NasionalNusantara Wawali Kota Solo Minta Satpol PP Jadi Penegak Perda yang Humanis

Wawali Kota Solo Minta Satpol PP Jadi Penegak Perda yang Humanis

oleh Uti Farinzi

 

Apel Satpol PP Kota Solo , Wawali minta Satpol PP humanis dalam tegakkan Perda. (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Wakil Wali (Wawali) Kota Solo, Teguh Prakosa meminta aparat Satpol PP di Kota Solo untuk menjadi penegak Peraturan Daerah (Perda) yang tegas tetapi humanis. Menurut Teguh, penegakan Perda harus dimulai dari menjadi teladan kedisiplinan dan memperlakukan masyarakat dengan humanis dan persuasif dan tanpa kekerasan.

“Sebagai penegak Perda Kota Solo yang dinamis, Satpol harus humanis dalam memperlakukan masyarakat dengan tegas namun lembut,” jelas Teguh Prakosa saat memimpin apel Satpol PP menjelang Natal dan Tahun Baru di Balai Kota Solo, Kamis (25/11/2021).

Lebih lanjut Teguh mengatakan sangat penting bagi Satpol PP untuk menyikapi kondisi wilayah Kota Solo yang merupakan perkotaan dengan penduduk yang padat dan multi dimensi serta dinamis.

“Satpol PP juga dalam menertibkan masyarakat tidak dengan kekerasan. Seperti pada masyarakat yang  membuat kerumunan dan melanggar  protokol kesehatan (prokes),” jelasnya lagi

Tetapi dengan mengedepankan hati dan perlu diberi pelatihan khusus penanganan persuasif dengan menggunakan model komunikasi pada masyarakat pada level apapun.

“Jika tindakan penertiban dan penegakan perda yang humanis bisa dijalankan dengan baik, maka penanganan ketertiban di wilayah hukum Kota Solo akan diacungi jempol oleh masyarakat,” katanya.

Wawali mengakui dengan keterbatasan jumlah personel, Satpol PP tidak bisa bekerja sendiri. Dibutuhkan  kerjasama dengan masyarakat luas.

“Tetapi Satpol PP perlu mengimbangi dengan kesiapsiagaan. Bagi Satpol PP, kedisiplinan merupakan pokok dan harus dilakukan sebab menjadi contoh bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) lain serta masyarakat,” katanya lagi.

Apel Satpol PP tersebut diikuti seluruh anggota Satpol PP. Pada kesempatan itu, juga diserahkan piala Juara II Lomba Inovasi Antar Satpol PP se Jawa tengah yang diraih Satpol PP Kota Solo. ***