Home NasionalNusantara UNS Jadi Tuan Rumah Lokakarya Nasional UI GreenMetric 2021

UNS Jadi Tuan Rumah Lokakarya Nasional UI GreenMetric 2021

oleh Uti Farinzi
 
 

UNS Solo menjadi tuan rumah Lokakarya UI GreenMatric 2021. (Foto: Istimewa)

 
FAKTUALid – Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, menjadi tuan rumah Lokakarya Nasional UI GreenMetric 2021. Lokakarya yang memfokuskan pada isu lingkungan hidup tersebut akan dilangsungkan selama dua hari, 28-29 Juli 2021.
 
UI GreenMetric World University Ranking adalah pemeringkatan universitas tingkat dunia untuk mengimplementasi kegiatan kampus yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.  Pemeringkatan ini telah dirintis dan diinisiasi oleh Universitas Indonesia (UI) pada tahun 2010.
 
“Tuan rumah pelaksanaan lokakarya UI GreenMetric ini bergantian setiap anggota. Tahun ini UNS yang dapat kesempatan menjadi tuan rumah lokakarya UI GreenMatric,  biasanya dilangsungkan secara offline tapi tahun ini dilakukaj secara online. Ada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang bergabung ,” jelas Koordinator Green Campus UNS, Suryanto, kepada wartawan di UNS Inn, Selasa (27/7/2021).
 
Pada tahun 2020, sebanyak 912 universitas dari 84 negara di seluruh dunia ikut berpartisipasi. Sedangkan jumlah universitas di Indonesia yang menjadi anggota UI GreenMatric sebanyak 88 universitas.
 
Pada Desember 2020, UNS berada di peringkat  tujuh level nasional dan peringkat 99 level internasional. Ada enam aspek dalam pemeringkatan UI GreenMatric yakni setting dan infrastruktur, energi dan climate change, limbah dan sampah, air, transportasi, dan edukasi termasuk penelitian dan pengabdian.
 
“Untuk tahun ini, kami mengambil tema Universities, UI GreenMetric, and SDGs in the Time of Pandemic,” jelasnya lagi.
 
Lokakarya tersebut diselenggarakan secara online melalui media aplikasi Zoom dan Youtube Live Streaming.
 
Lokakarya ini diharapkan dapat meningkatkan komitmen dan memperluas partisipasi perguruan tinggi dalam pengelolaan kampus hijau. Dalam lokakarya ini akan dipresentasikan praktek-praktek keberhasilan (best practise) implementasi dari UI GreenMetric termasuk pelatihan pengisian kuisioner UI GreenMetric.
 
“Selain itu akan dibahas mengenai isu pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan di perguruan tinggi,” katanya.
 
Koordimator Ketua Tim Pemeringkatan UI GreenMatric UNS, Murtanti Jani Rahayu pada kesempatan yang sama mengatakan dalam lokakarya tersebut juga akan dilakukan deklarasi bagi 10 anggota baru.
 
“Ada 10 deklalator, mereka adalah anggota baru. Sebenarnya peminat yang ingin mendaftar lebih dari itu,” ujarnya.
 
Murtanti juga mengatakan pentingnya pengelolaan lingkungan hidup berkelanjutan serta  perubahan nyata tidak hanya akan menjadi  lips service. UNS mengajak seluruh mitra untuk melakukan tindakan nyata. (Uti Farinzi) ***
 
 

Tinggalkan Komentar