Home NasionalNusantara Presiden Jokowi Sebar Hewan Kurban di Sejumlah Lokasi di Solo

Presiden Jokowi Sebar Hewan Kurban di Sejumlah Lokasi di Solo

oleh Uti Farinzi

Hewan kurban dari keluarga Presiden Joko Widodo untuk Masjid Tegalsari Solo. (Foto : Istimewa)

 
 
FAKTUALid –  Seperti tahun-tahun sebelumnya saat Idul Adha, tahun ini Presiden Joko Widodo juga menyebar kurban sapi di sejumlah tempat di Indonesia termasuk di Kota Solo. Di Kota Solo, tidak hanya di Masjid Agung dan Al Wustho Mangkunegaran saja, Jokowi berkurban tetapi juga di sejumlah tempat lain.
 
Seperti di Masjid Tegalsari, Ponpes Al Muayyad serta Ponpes Raudlatul Ma’arif. Di Masjid Agung, hewan kurban dari Presiden Jokowi , Senin (19/7/2021) belum diterima pihak takmir masjid.
 
“Sampai saat ini belum kami terima, kemungkinan Selasa (20/7/2021) setelah Sholat Ied karena penyembelihan kurban dilakukan Rabu (21/7/2021),” jelas Takmir Masjid Agung Solo, Muhtarom.
 
Meskipun belum diantar, pihaknya telah mendapatkan informasi mengenai sapi kurban tersebut. Menurut Muhtarom, sapi berasal dari peternak di Boyolali dengan berat 837 kilogram.
 
Sapi kurban dari Presiden Jokowi akan disembelih bersama dengam hewan kurban dari masyarakat lainnya. Untuk tahun ini hanya menyembelih lima ekor sapi dan satu ekor kambing.
 
Penurunan jumlah hewan kurban ini karena jamaah menyalurkan hewan kurban ke lingkungan mereka sendiri. Sesuai dengan aturan selama PPKM Darurat.
 
“Penyembelihan nantinya akan dilakukan secara terbatas hanya pihak panitia saja yang diperbolehkan untuk masuk ke kawasan masjid. Tak hanya itu panitia yang bertugas juga telah melakukan swab test untuk memastikan negatif Covid-19. Kira-kira ada 20 an panitia nanti, semuanya sudah di tracking ditest dari dinas, dan hasilnya negatif. Pokonya kita tetap mengikuti protokol kesehatan,”  paparnya.
 
Untuk menghindari kerumunan warga, pembagian daging kurban akan dilakukan secara door to door sesuai dengan data yang telah dikumpulkan oleh panitia. Dipihaknya tidak akan membagikan daging kepada warga yang segaja datang ke masjid.
 
Berbeda dengan di Masjid Agung, di Masjid Tegalsari Laweyan Solo sapi kurban dari keluarga Presiden Joko Widodo telah tiba Senin siang. Menurut Ketua Yayasan Ta’mirul Masjid Tegalsari Mohammad Idris Shofawi, sapi kurban dari keluarga Jokowi seberat sekitar 540 -an kilogram.
 
“Ini ketiga kalinya Pak Jokowi dan keluarga berkurban di sini. Atas nama Pak Jokowi, Bapaknya, Ibunya, dan adik-adiknya,” kata Idris.
 
Menurut Idris, sapi tersebur dari Bekonang, Sukoharjo dan akan disembelih pada hari Rabu (21/7/2021).
 
Pimpinan Ponpes Raudlatul Ma’arif, Agus Ma’arif juga mengungkapkan sapi kurban dari keluarga Presiden Jokowi untuk Ponpes tersebut tiba pada Senin sore.
 
“Dari sekretariat negara mengatakan nanti sore datangnya dari Wonogiri. Beratnta sekitar 540 kg,” ujar Agus.
 
Sama seperti di Masjid Tegalsari, untuk kurban di Ponpes Raudlatul Ma’arif juga sudah ketiga kalinya dilakukan keluarga Jokowi.  (Uti Farinzi) ***
 

Tinggalkan Komentar