Home NasionalNusantara Polresta Surakarta Siagakan 425 Personel, Amankan Derbi Arema FC vs Persebaya

Polresta Surakarta Siagakan 425 Personel, Amankan Derbi Arema FC vs Persebaya

oleh Uti Farinzi

Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak. (Foto : Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Polresta Solo, menyiagakan 425 personel untuk mengamankan derbi Jawa Timur, Arema FC vs Persebaya dalam lanjutan putaran kedua BRI Liga 1, di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (6/11/2021) malam.

Meskipun digelar tanpa penonton, tetapi Polresta Solo tetap melakukan pengamanan berlapis. Karena rivalitas kedua pendukung kesebelasan tersebut.

“Kita akan menerjunkan sebanyak 425 personel gabungan, pengamanan berlapis,” jelas Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, Sabtu (6/11/2021).

Menurut Kapolresta, pengamanan berlapis tersebut untuk mengantisipasi adanya kajadian yang tidak diinginkan dan munculnya kerumunan pendukuny kedua kesebelasan.

“Pengamanan juga untuk mengantisipasi adanya konvoi pendukung kedua kesebelasan,” jelasnya lagi.

Seperti yang dilakukan pendukung PSS Sleman beberapa waktu lalu. Ade Safri juga mengatakan pihaknya akan menempatkan ratusan personel tersebut di beberapa ring. Di antaranya di dalam stadion, di luar serta titik rawan lainnya.

“Sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku di Stadion Manahan, pengamanan akan kita lapis menjadi empat ring,” katanya

Keempat ring tersebut yakni yang ada di dalam Stadion Manahan, kemudian ring dua di jogging track, ring tiga di area dalam kawasan Manahan dan ring empat di pagar luar Manahan.

“Kita juga akan menerjunkan enam Tim Pengurai Kerumunan (TPK),” katanya lagi.

Enam TPK tersebut akan ditugaskan untuk memantau, memonitor, mencegah adanya konvoi dan antisipasi pengerahan suporter. Selain itu, juga akan memantau adanya nonton bareng.

“Kita pantau dan koordinasi dengan Polres sekitar Solo untuk melakukan penyekatan di batas kota,” ujarnya.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pendukung kedua kesebelasan agar tidak datang atau mengirimkan suporter ke Kota Solo. Apalagi pertandingan yang akan disiarkan langsung oleh stasiun televisi.

“Kita sudah berkomitmen bahwa pertandingan digelar tanpa penonton,” pungkasnya. ***