Home NasionalNusantara Masih Ada 4 Persen Warga Solo Belum Divaksin

Masih Ada 4 Persen Warga Solo Belum Divaksin

oleh Uti Farinzi

 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo,Siti Wahyuningsih. (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Solo, sudah melampaui target sasaran. Saat ini capaian vaksinasi bahkan mencapai 127,25 persen dari sasaran.

“Jadi sudah melebihi standar nasional 70 persen. Kalau untuk warga ber KTP Solo mencapai 96,12  persen dari jumlah penduduk ber KTP Solo,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, di Balai Kota Solo, Kamis (11/11/2021).

Sedangkan untuk lansia telah mencapai 89 persen. Dengan capaian tersebut, semuanya sudah memenuhi target standart.

“Artinya sudah memenuhi standart semua. Kalau untuk herd immunity sudah tercapai. Tapi kan ada kantong-kantong daerah yang warganya tidak mau divaksin,” jelasnya lagi.

Padahal DKK melalui puskesmas sudah melakukan sejumlah upaya agar warga yang belum tervaksin, bisa mendapatkan vaksin. Seperti melakukan vaksinasi door to door dan membuka layanan vaksinasi malam di puskesmas. Upaya lain yang dilakukan untuk menarik warga agar mau divaksin dengan membagikan sembako.

“Ini Pekerjaan Rumah (PR)  kita sebetulnya.  Pemerintah di Solo sudah membuka kran vaksinasi sudah lama. Kalau yang lain saat ini baru kebut massal,  saya sudah tidak bisa kebut lagi,” katanya.

Siti mengatakan upaya yang dilakukan untuk menarik warga agar mau divaksin, cukup efektif. Meskipun banyak juga yang tetap menolak untuk divaksin.

“Kalau dengan sembako cukup efektif. Kalau door to door sebenarnya efektif tapi banyak yang menolak. Mereka butuh intervensi khusus, mungkin belum percaya atau bagaimana,” katanya lagi.

Pihaknya menegaskan akan terus mencari warga yang belum divaksin. Dalam jangka dua bulan ini, Pemkot Solo akan memaksimalkan pencapaian vaksinasi untuk warga ber KTP Solo. ***