Home NasionalNusantara Libur Nataru, Wali Kota Solo Minta ASN Menahan Diri

Libur Nataru, Wali Kota Solo Minta ASN Menahan Diri

oleh Uti Farinzi

 

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka meminta ASN menahan diri untuk liburan saat Nataru. (Foto : Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka meminta kepada semua Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo untuk menahan diri untuk tidak bepergian saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

Apalagi pemerintah pusat meniadakan cuti bersama saat Nataru mendatang.

“Yang jelas kita menahan diri dulu. Saya menganjurkan agar mudiknya ditunda dulu,” jelas Gibran, Sabtu (30/10/2021).

Kebijakan menghapus cuti bersama saat Nataru tersebut untuk mengantisipasi lonjakan penyebaran Covid-19 gelombang ketiga yang diperkirakan akan terjadi pada Desember mendatang.

“Menahan diri dulu itu saja yang penting. Karena saat ini trennya membaik, kita tidak ingin kasusnya naik lagi,” jelasnya lagi.

Saat ini pihaknya juga masih menunggu arahan dan perintah dari pemerintah pusat terkait aturan selama libur Nataru. Termasuk aturan penyekatan di titk-titik perbatasan dan kebijakan pembatasan lainnya.

Sementara itu, selama diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level dua, banyak ditemukan pelanggaran di masyarakat.

Menurut Kepala Satpol PP Kota Solo, Arif Darmawan, kesadaran masyarakat akan protokol kesehatan (prokes) saat ini semakin menurun. Karena masyarakat menilai kondisi saat ini sudah normal  meskipun masih PPKM level dua.

“Tingkat kedisiplinan masyarakat semakin menurun. Banyak ditemukan warga yang tidak mengenakan masker atau mengenakan masker tetapi tidak benar serta berkerumun,” ujarnya.

Pelanggaran tersebut terjadi di hampir semua titik. Seperti tempat wisata, tempat makan dan tempat terbuka lainnya. Arif mengatakan edukasi kepada masyarakat terkait penerapan prokes saat ini harus ditingkatkan kembali. ***

Tinggalkan Komentar