Connect with us

Nusantara

Kota Solo Akan Optimalkan Penggunaan EBT di Gedung Perkantoran

Avatar

Diterbitkan

pada

 

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Foto: istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Mengoptimalkan penggunaan energi baru terbarukan (EBT), Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mendorong penggunaan panel surya di gedung-gedung di Kota Solo.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menargetkan gedung-gedung pemerintahan akan terlebih dahulu dipasang panel surya.

“Saat ini sudah banyak gedung swasta dan pemerintah dipasang panel surya. Nanti target awalnya gedung pemerintahan dipasang panel surya,” jelas Gibran, Sabtu (4/12/2021).

Menurut Gibran, banyak perusahaan yang mendukung penerapan panel surya di gedung-gedung di Kota Solo.

Advertisement

“Ada beberapa perusahaan yang akan mendukung wacana ini. tapi akan sambil jalan dulu,” jelasnya lagi.

Saat ini sejumlah bangunan milik pemerintah juga sudah terpasang panel surya. Diantaranya di Terminal Tirtonadi, Masjid Agung Surakarta, Solo Techno Park (STP) dan beberapa sekolah.

Program pemasangan panel surya di gedung-gedung pemerintah dan swasta tersebut sekaligus untuk membantu perusahaan menyalurkan coorporate social responsibility (CSR). Tetapi ada kendala dalam program tersebut yakni biaya perawatan yang mahal.

“Biaya maintanance-nya kan nggak murah,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Solo, Tulus Widajat mengatakan untuk melengkapi sebuah gedung dengan teknologi panel surya, ada syarat untuk Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) yang pengurusannya di Dinas PUPR.

Advertisement

Saat ini pemasangan panel surya belum menyentuh rumah tangga karena memnutuhkan energi yang besar.

“Jadi saat ini masih menyasar tempat ibadah, perkantoran ataupun pertokoan dulu,” pungkasnya. ***

Lanjutkan Membaca