Home NasionalNusantara Kolaborasi dengan Curtin University, UNS Buka Kelas Internasional

Kolaborasi dengan Curtin University, UNS Buka Kelas Internasional

oleh Uti Farinzi
 
 

Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. (Foto: Istimewa)

 
FAKTUALid – Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo membuka gelombang kedua  program kelas internasional bagi mahasiswa program sarjana tahun akademik 2021/2022. Kelas Internasional UNS ini merupakan program pendidikan tingkat sarjana yang berkolaborasi dengan Curtin University Perth Australia.
 
Kelas imternasional tersebut untuk Program Studi (Prodi) S1 Akuntansi dan Prodi S1 Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis(FEB).
 
“Kurikulum kelas internasional ini hampir sama dengan program reguler, yang membedakan adalah proses pembelajaran yang sepenuhnya menggunakan Bahasa Inggris,” jelas Kaprodi Akuntansi FEB UNS, Agung Nur Probohudono, Selasa (20/7/2021).
 
Mahasiswa juga berkesempatan untuk  mengikuti pertukaran pelajar, summer course, program double degree, visiting professor dan event internasional lainnya. Melalui kelas internasional ini selain mahasiswa akan mendapatkan pengalaman pendidikan di luar negeri  juga mendapat pengakuan internasional.
 
Meskipun kelas ini bercorak internasional namun Agung memastikan bahwa kelas ini tidak didesain untuk menjadi kelas eksklusif.
 
“Kami akan membentengi mahasiswa dari sikap yang tidak mencerminkan jati diri bangsa. Jargon-jargon yang fokus pada kearifan lokal juga akan kita tanamkan, seperti memayu hayuning bawana, urip hanguripi, agar bisa diimplementasikan para mahasiswa di kelas internasional ini,” tegasnya.
 
Kaprodi SI Ekonomi Pembangunan FEB UNS, Bhimo Rizky Samudro, menambahkan aspek yang dilihat di seleksi Kelas Internasional UNS ini meliputi potensi akademik, kemampuan berbahasa Inggris dan juga kepribadian peserta melalui tes wawancara.
 
“Pada informasi yang telah dishare, kita memang tidak mencantumkan berapa score TOEFL atau IELTS nya. Kita berkeinginan agar yang lolos di seleksi ini bukan hanya yang mempunyai kemampuan Bahasa Inggris yang bagus,” katanya.
 
Tetapi juga memiliki kemampuan dalam bidang akademik dan dari sisi kepribadiannya. Dengan konsep seleksi demikian diharapkan kita mendapatkan input yang baik.
 
“Mahasiswa kelas internasional ini akan mempunyai kesempatan mendapatkan insentif dari UNDP terutama bagi yg tertarik studi SDG’s dan SMEs,” katanya lagi.
 
Angkatan pertama kelas ini akan diupayakan mendapat yang terbaik dalam proses pembelajaran dengan menerapkan quality control yang terjaga agar mahasiswa dan orang tua wali mendapatkan pelayanan yang memuaskan.
 
Kedepan konsep kelas internasional akan direformat  pendaftarannya agar lebih fleksibel sehingga bisa memungkinkan peserta yang dari luar negeri juga ikut bergabung di Kelas internasional ini.
 
Untuk tahun akademik 2020/2021 ini baik Prodi S1 Akuntansi maupun Prodi SI Ekonomi Pembangunan hanya menerima sebanyak 25 mahasiswa untuk masing-masing Prodi.
 
Ketentuan mengikuti Kelas Internasional UNS ini adalah warga negara Indonesia, lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat paling lama 3 tahun terakhir dan memiliki kesehatan memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi. Kemudian mendaftarkan diri sebagai peserta seleksi mandiri UNS.
 
Sedangkan persyaratan untuk mendaftar kelas internasional ini adalah pernah mengikuti dan memiliki Nilai UTBK 2021 yang diselenggarakan LTMPT Tahun 2021, Memiliki kemahiran Bahasa Inggris yang dibuktikan dengan Nilai TOEFL/IELTS  dan mengikuti tes wawancara.
 
Pendaftaran gelombang kedua kelas internasional UNS dibuka dari tanggal 19-24 juli 2021, wawancara dilakukan pada tanggal 28 Juli 2021 dan pengumuman pada tanggal 30 Juli 2021. Selengkapnya dapat dilihat pada laman https://spmb.uns.ac.id. (Uti Farinzi) ***

Tinggalkan Komentar