Home NasionalNusantara Kasus Covid-19 di Solo Menurun Drastis

Kasus Covid-19 di Solo Menurun Drastis

oleh Uti Farinzi

 

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih. (Foto : Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Kasus Covid-19 di Kota Solo, Jawa Tengah menurun drastis. Bahkan dalam dua minggu terakhir, beberapa kali nol penambahan kasus Covid-19.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, saat ini penambahan kasus Covid-19 di Kota Solo hanya satu digit saja. Dari lima kecamatan di Kota Solo, di Kecamatan Serengan tidak lagi ditemukan kasus Covid-19.

“Menurunnya angka Covid-19 di Kota Solo ini disebabkan karena beberapa faktor. Salah satunya adalah herd immunity atau sistem kekebalan yang sudah mulai terbentuk,” jelas Siti, Selasa (9/11/2021).

Meskipun angka kasus Covid-19 terus mengalami penurunan tetapi pihaknya meminta kepada semua pihak untuk tidak lengah. Protokol kesehatan (prokes) ketat tetap harus dilakukan.

Penerapan 5 M juga harus tetap dilakukan warga untuk mengantisipasi terjadinya gelombang berikutnya. Kasus Covid-19 di Kota Solo selama penerapan PPKM level dua sempat melonjak akibat munculnya klaster pembelajaran tatap muka (PTM).

“Dari 107 siswa yang terpapar kemarin itu semuanya tanpa gejala (OTG) dan dalam waktu 10 hari sudah sembuh semua,” jelasnya lagi.

DKK juga masih terus melakukan tes swab secara acak. Tes acak ini merupakan program surveilans dari Kementerian Kesehatan.

Tes swab acak yang dilakukan tersebut bisa dari tracing (pelacakan) dan screening (penapisan) kasus baru.

“Realisasi angka tes swab harian sudah melebihi target yakni sebanyak 74 orang per hari. Angka target disesuaikan dengan jumlah penambahan kasus yang terjadi pada beberapa hari terakhir,” katanya. ***