Home NasionalNusantara Haru Bercampur Kegembiraan Warnai Peringatan Hari Guru Nasional di SMK Citra Medika

Haru Bercampur Kegembiraan Warnai Peringatan Hari Guru Nasional di SMK Citra Medika

oleh Uti Farinzi

Peringati Hari Guru Nasional, siswa-siswa SMK Kesehatan Citra Media sungkem kepada para guru. (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Suasana haru bercampur kegembiraan mewarnai peringatan Hari Guru Nasional di SMK Kesehatan Citra Medika, Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis (25/11/2021). Haru, saat sejumlah siswa-siswa sekolah tersebut melakukan sungkeman kepada para guru secara bergiliran.

Terlihat sejumlah siswa menangis saat sungkeman, begitu juga dengan guru-gurunya. Mereka nampak terharu. Tetapi suasana haru tersebjt berubah menjadi keceriaan saat guru-guru dan siswa-siswa sekolah tersebut mengikuti lomba permainan masa kecil para guru.

Seperti lomba permainan congklak, uding, gobak sodor, dan lomba memasukan pensil ke dalam botol. Menurut salah satu siswa Juwita Rahmadini, ide memainkan permainan tradisional ini diadakan agar para guru  tidak melupakan permainan tradisional yang dialami sewaktu masih kecil.

“Menurut saya peran guru dimasa pandemi ini juga sangatlah berarti bagi kami. Sekarang inikan semuanya online, guru masih berpartisipasi dalam pelajaran. Bapak ibu guru itu jasanya sangat besar,” ujar Juwita yang juga Ketua OSIS SMK Kesehatan Citra Media itu

Dirinya juga berterima kasih dengan jasa para guru yang mendidik murid-muridnya dengan penuh kesabaran. Di peringatan Hari Guru Nasional tersebut dia berharap guru-guru lebih solid dan kompak.

Salah satu guru di SMK Kesehatan Citra Medika, Nur Hayati mengatakan kegiatan tersebut menunjukan bahwa guru adalah orang tua di sekolah.

“Jadi disini anak anak ikut merayakannya itu adalah untuk membangun kedekatan juga antara seorang guru dengan seorang murid seperti antara orang tua dan anak,” jalasnya.

Menurut Nur, jika sudah terbangun chemistry antara guru dan siswa maka keduanya mempunyai semangat yang sama dalam belajar mengajar.

“Perasaannya tadi merinding karena bener- bener seorang guru pada waktu sungkeman itu merasakan  kita itu disini bukan hanya sebagai guru tapi sebagai orang tua,” katanya.

Kepala Sekolah SMK Kesehatan Citra Medika, Rian Andrianto menambahkan kegiatan yang dilakukan dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional tersebut juga bertujuan agar guru-guru tetap solid dan tetap semangat untuk melakukan pembelajaran di sekolah. ***