Connect with us

Nusantara

Gubernur Ganjar Bersama Wali Kota Solo Susur Sungai Bengawan Solo

Avatar

Diterbitkan

pada

Susur Sungai Bengawan Solo Gubernur Jateng bersama Wali Kota Solo dan Dirut Bank Jateng, Selasa (29/3/2022) petang. (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Di Kota Solo, ada Festival Bengawan Solo, lho. Festival yang menjadi rangkaian kegiatan peringatan HUT Bank Jateng ke-59 itu dilangsungkan di Dermaga Taman Sunan Jogo Kali, Pucangsawit, Jebres Kota Solo, Jawa Tengah.

Saat pembukaan festival, Selasa (29/3/2022) petang, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersma Wali Kota Solo,Gibran Rakabuming Raka dan Dirut Bank Jateng Supriyatno naik perahu karet mulai dari Dermaga Pintu Air Demangan Baru menuju Dermaga Taman Sunan Jogo Kali, Pucangsawit.

Dengan mengenakan  jaket pelampung dan helm keselamatan mereka menyusuri Singai Bengawan Solo di tengah air sungai yang tinggi dan deras. Sekitar 10 menit mereka menyusuri Sungai Bengawan Solo dan berakhir di Dermaga Taman Sunan Jogo Kali. Dernaga tersebut dibangun oleh mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo secara gotong royong dengan warga.

“Pintu Air Demangan baru dengan dermaganya sudah megah dengan berbagai fasilitas ada joging track dan taman juga,” jelas Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka seusai susur sungai.

Tetapi Gibran menyayangkan kondisi air di Sungai Bengawan Solo masih kotor. Banyak sampah yang masih dibuang di sungai. Padahal ini menjadi potensi wisata di Solo.

Advertisement

“Airnya masih  kotor, warnanya masih kotor juga. Makanya kalau buang sampah jangan di sungai,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo nampak menikmati acara susur sungai Bengawan Solo tersebut.

“Sungai Bengawan Solo keren tapi kondisi belum baik-baik saja. Karena sepanjang aliran masih ditemukan sampah,” ujarnya.

Ganjar meminta kepada masyarakat untuk menjaga sungai dan tidak membuang sampah atau limbah ke sungai.

Ganjar menilai, sungai Bengawan Solo punya keindahan tersendiri dan berpotensi tinggi untuk wisata.  Selain itu juga memiliki potensi untuk olahraga air seperti dayung.

Advertisement

Festival Bengawan Solo tersebut juga akan menampilkan sejumlah acara, diantaranya pameran kuliner, serta pemberdayaan UMKM. Ada juga talshow dengan William Wongso,  talkshow Slankpreneur bersama Ivanka, dan konser Koes Ploes. ***

Lanjutkan Membaca
Advertisement