Home NasionalNusantara Donohudan Akan Diupgrade Menjadi RS Darurat Covid-19

Donohudan Akan Diupgrade Menjadi RS Darurat Covid-19

oleh Uti Farinzi
 

Asrama Haji Donohudan akan dijadikan RS Darurar Covid-19. (Foto : Istimewa)

 
 
FAKTUALid – Asrama Haji Donohudan akan diupgrade menjadi rumh sakit (RS) darurat untuk menangani pasien Covid-19. Saat ini Donohudan digunakan untuk lokasi isolasi mandiri (isoman) terpusat pasien Covid-19 dengan kondisi OTG (orang tanpa gejala).
 
“Tadi pagi  rapat dengan Pak Menkes (Menteri Kesehatan/Budi Gunadi Sadikin), Pak Luhut (Luhut Binsar Panjaitan/Menko Bidang Kemaritiman) dan Menteri PUPR (Basuki Hadimuljono). Ada berita baik, dalam waktu dekat Asrama Haji Donohudan akan diupgrade jadi rumah sakit darurat,” jelas Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka kepada wartawan melalui zoom meeting, Rabu (14/7/2021) sore.
 
Menurut Gibran, persiapan untuk menjadikan Donohudan menjadi RS darurat akan segera dilakukan. Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa Rabu sore kemarin juga mengunjungi Donohudan untuk meninjau kesiapan Donohudan menjadi RS darurat Covid-19.
 
Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo, Ahyani menambahkan, saat ini baru dalam tahap survei. Ahyani menyebut, keberadaan RS darurat tersebut sangat membantu karena saat ini BOR (Bed Occupancy Rate) atau tingkat keterisian tempat tidur RS di Solo mencapai hampir 100 persen.
 
“Hari ini dan besok naru disurvei karena kan melihat BOR di Solo hampir 100 persen,” kata Ahyani.
 
Menurut Ahyani, keberadaan RS darurat Covid-19 di Donohudan tersebut fungsinya tidak akan sama dengan layanan di RS rujukan. Karena keterbatasan peralatan serta sarana dan prasarana.
 
“Jadi mungkin tetap akan ada pemilahan. Untuk yang saat ini belum tertangani di RS rujukan karena hanya gejala ringan tapi membutuhkan perawatan nanti bisa dirawat disana,” katanya lagi.
 
Karena saat ini yang dirawat di RS adalah yang bergejala berat. Sehingga jangab sampai yang awalnya hanya bergejala ringan justru menjadi berat jika tidak ada perawatan.
 
Saat ini warga Kota Solo yang masih menjalani isolasi mandiri di Donohudan sekitar 460-an. Kapasitas tempat tidur di Donohudan mencapai 872 bed. (Uti Farinzi) ***

Tinggalkan Komentar