Connect with us

Nusantara

Amankan Pelaksanaan Paskah, Polresta Solo Terjunkan Aparat Bersenjata

Avatar

Diterbitkan

pada

 

Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak tegaskan polisi bersama TNI jamin keamanan selama Paskah. (Foto: istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA:  Polresta Solo bersama dengan Kodim 0735 menjamin pelaksanaan ibadah misa Paskah di Kota Solo bisa berjalan aman, tertib dan sehat. Menurut Kapolresta Solo , Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, Polresta dan Kodim 0735 Solo telah melakukan identifikasi dan koordinasi dengan pengurus gereja di Kota Solo.

“Untuk ibadah Paskah akan dimulai Kamis sore dan malam hingga pada hari Jumat. Untuk masalah kesiapan pengamanan kami sudah koordinasikan,” jelas Kapolresta Solo  Rabu (13/4/2022).

Terkait dengan pelaksanaan pengamanan Paskah 2022, pihaknya akan menerjunkan 375 personil. Bersama dengan TNI, Pemkot Solo, serta potensi masyarakat seperti Pramuka, PMI dan ormas Islam juga akan dilibatkan untuk pengamanan gereja-gereja pada hari Kamis hingga Jumat.

“Masing-masing gereja ditempatkan personil pengamanan yang dilengkapi dengan senjata api. KIta akan jaga selama 1 x 24 jam dan sebelum pelaksanaan ibadah akan dilakukan sterilisasi,” jelssnya lagi.

Advertisement

Kapolresta Solo juga mengatakan pihaknya akan menerapkan SOP untuk pengamanan termasuk jika ada ancaman bom seperti beberapa waktu lalu.

“Sudah kita konsolidasikan sudah kita sosialisasikan agar selalu menjaga komitmen bersama. Terkait dengan penguatan personel pengamanan selamat Paskah akan kita dilakukan jadi semua kita antisipasi,” katanya.

Pihaknya juga telah melakukan koordinasi terkait toleransi dan kerukunan umat beragama terutama di gereja yang berdampingan dengan masjid. Karena pada saat misa Kamis malam, umat Muslim juga tengah menjalankan ibadah Shalat Tarawih.

“Kita akan koordinasikan dengan di lapangan untuk gereja dan masjid yang berdampingan. Nanti kita akan buat solusinya dimana masing-masing pihak bisa menjunjung tinggi kerukunan maupun toleransi umat beragama,” katanya lagi.

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersama dengan jajaran Forkopimda Kota Solo telah melakukaj pengecekan kesiapan Paskah di sejumlah gereja. Pengecekan dilakukan untuk memastikan gereja sudah menerapkan prokes maksimal. ***

Advertisement

Lanjutkan Membaca
Advertisement