Home NasionalNusantara Cegah Pemaparan Virus Covid, Gibran Larang Pedagang Bermobil di Alut

Cegah Pemaparan Virus Covid, Gibran Larang Pedagang Bermobil di Alut

oleh Dwipraya

Tes swab antigen yang dilakukan Pemkot Solo kepada pedagang bermobil di Alun-Alun Utara Keraton Surakarta beberapa waktu lalu. (Foto : Istimewa)

FAKTUALid – Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka melarang keberadaan pedagang bermobil di Alun-Alun Utara (Alut) Keraton Surakarta. Aturan tegas tersebut diambil setelah dalam tes swab acak yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, ditemukan lima pedagang positif Covid-19.

Pedagang yang terpapar virus Covid tersebut berasal dari Kabupaten Jepara. Sebagian besar pedagang bermobil di kawasan tersebut berasal dari luar Kota Solo, seperti Pekalongan,Kudus, Jepara, Semarang dan daerah lain.

“Pedagang bermobil di Alut tidak boleh sama sekali. Bawa atau tidak hasil swab antigen tetap tidak boleh,” kata Gibran, Selasa (15/6/2021).

Hal itu dilakukan sebagai upaya mencegah penyebaran virus Covid-19.Apalagi pedagang bermobil di lokasi tersebut sebagian besar berasal dari wilayah utara Jawa Tengah dimana saat ini masuk kategori zona merah.

“Mohon maaf, kemarin sudah kena lima dari Jepara. Ke depan tidak boleh. Sebenarnya Covid atau tidak Covid, pedagang bermobil di sana tetap tidak boleh,” katanya lagi.

Mereka hanya diperbolehkan drop barang dan tidak berjualan. Pihaknya telah meminta kepada Satpol PP, Kepolisian dan TNI untuk mengawasi lokasi tersebut.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kota Solo, Arif Darmawan mengatakan akan menindak tegas pedagang bermobil yang nekat mengelar lapak di sekitar kawasan Alut. 

“Kami akan menyiagakan personil terutama pada hari Senin dan Kamis saat jadwal pedagang bermobil berjualan. Kita lakukan Tipiring (tindak pidana ringan) hari ini,” ujarnya.

Setelah ada aturan terkait larangan bagi pedagang bermobil, pihaknya akan melakukan operasi pencegatan. Operasi akan dilakukan dini hari, sesuai dengan jadwal para pedagang bermobil itu datang. (Uti Farinzi) ***

Tinggalkan Komentar