Home NasionalNusantara Balita di Solo Boleh Masuk Mal Asal Prokes Ketat

Balita di Solo Boleh Masuk Mal Asal Prokes Ketat

oleh Dwipraya

Balita dan lansia serta ibu hamil boleh masuk mal lagi. (Foto : Istimewa)

FAKTUALid – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah, telah mencabut aturan larangan untuk balita, lansia dan ibu hamil masuk mal atau pusat perbelanjaan. Dengan diterbitkannya Surat Edaran (SE) terbaru maka balita, lansia dan ibu hamil boleh datang ke mal. 

Tetapi, dalam SE Nomor  067/1653 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembataaan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro (PPKM) dan Mengoptimalkan Peran Satgas Tingkat Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran COVID-19 di Kota Surakarta tersebut, ketiga golongan itu tetap tidak diperbolehkan masuk ke pasar tradisional.

“Larangan kemarin sudah dicabut, balita boleh masuk mal. Tapi syaratnya harus dengan protokol kesehatan (prokes) ketat,” jelas Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Rabu (2/6/2021).

Pihak pengelola mal juga harus menaati SOP (Standar Operasional Prosedur) prokes yang ketat. Mereka harus melaporkan dan mendapatkan izin dari Satuan Tugas Penanganan Corona Virus Disease (Covid – 19) Kota Solo. 

“SOP nya lebih ketat, mereka harus selalu memakai masker.  Pakai masker, silahkan masuk mal,” katanya.

Sedangkan larangan untuk masuk ke pasar tradisional sampai saat ini belum dicabut. Menurut Gibran hal itu karena prokes di pasar tradisional dinilai belum maksimal.

“Sering pedagang atau pembeli lupa membuka masker,” ujarnya.

Terkait aturan tersebut pihaknya  akan memanggil pengelola mal untuk menjelaskan SOP nya. Sementara itu, Chief Marcomm Solo Paragon Mall, Veronika Lahji mengatakan saat ini pengelola mal di Kota Solo akan mengajukan izin ke Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo.

“Pengelola pasar modern di Solo seperti Solo Square, Solo Paragon, dan  Solo Grand Mall akan mengajukan surat ke gugus tugas sepeti yang disampaikan dalam SE Wali Kota Solo,” pungkasnya. (Uti Fatinzi) ***

Tinggalkan Komentar