Home NasionalNusantara Tercebur ke Sumur, Warga Mojokerto Ditemukan Sudah Jadi Mayat

Tercebur ke Sumur, Warga Mojokerto Ditemukan Sudah Jadi Mayat

oleh Akbar Surya

Suasana saat proses evakuasi. (Foto: Istimewa)

FAKTUALid – Seorang tukang service panggilan tercebur ke sumur tua samping di rumahnya sendiri di Dusun Jatisari, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto. Korban Slamet Ridwan (41) yang terjatuh sekitar pukul 02.00 WIB itu, baru berhasil ditemukan dalam kondisi sudah jadi mayat sekitar 8 jam kemudian.

Menurut Koordinator Tim Damkar Kabupaten Mojokerto, Guruh Aji Susanto, proses evakuasi tergolong sulit, karena kondisi sumur sudah tua dan dalam. “Sebagian tubuh korban juga masuk ke dalam ceruk di bawah sumur, sehingga cukup sulit untuk mengevakuasinya,” ujarnya, Selasa (13/7/2021).

Kronologis kejadian bermula saat istri korban Umi Kaili Sofiyana yang sedang tertidur, dikejutkan oleh suara benda besar jatuh ke dalam sumur di samping rumahnya pada Selasa (13/7/2021) sekitar pukul 02.00 WIB. Dia kemudian mencari suaminya yang sudah tidak ada di sampingnya, setelah sebelumnya sempat mengeluh meriang.

Umi melihat pintu rumah belakang sudah dalam kondisi terbuka. Selanjutnya dia melihat sumur tua di samping rumah yang biasanya tertutup, ternyata tutupnya sudah rusak dan ada lubang baru.

Umi yang mulai panik setelah tak kunjung menemukan suaminya di berbagai tempat itu, akhirnya melapor ke ketua RT dan para tetangga. Ketua RT 3 RW 6, Suherman langsung mengecek sumur dan mendengar ada suara seperti orang bernafas dan ada gelembung udara, hingga akhirnya tak terdengar lagi.

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto yang menerima laporan, langsung datang ke lokasi. Mereka mulai menguras sumur sejak pukul 05.30 WIB, tapi hingga pukul 08.45 WIB, mereka tak kunjung melihat korban.

Selanjutnya, petugas yang menggunakan alat penyelamatan, turun dan menemukan ada rongga di dasar sumur. Sebagian tunuh korban ditemukan dalam posisi masuk ke dalam ceruk di dasar sumur tersebut. Jazad korban baru berhasil dievakuasi sekitar pukul 11.00 WIB.

Menurut Kapolsek Kutorejo, AKP Heri Susanto, kedalaman sumur sekitar 12 meter dan saat kejadian airnya sedang penuh. Usai ditemukan, petugas dari Satreskrim Polres Mojokerto datang ke lokasi untuk melakukan olah TKP dan memastikan penyebab kematian korban. “Atas permintaan keluarga, jenazah korban langsung dibawa ke rumah duka untuk dimakamkan,” ujarnya.***

Tinggalkan Komentar